19 Views

Asal Mula Ditemukan Heroin

Heroin merupakan salah satu zat yang  berbahaya pada tubuh kita. Heroin ini pada awalnya ditemukan oleh ilmuan Jerman yang bernama Heinrich Dreser yang menjadi kepala laboratorium perusaan farmasi Bayer. Dengan keinginaannya menciptakan obat untuk penenang dan penghilang rasa sakit tetapi tidak menyebabkan kecanduan. Beliau terinspirasi dengan penemuan diasetilmorfin temuan C.R. Wright. Dengan metode mensintesis diasetilmorfin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan mengujicobakannya pada hewan kecil, teman kerjanya dan pada akhirnya pada diri sendiri. Dan hasilnya dinamakan “Heroin” yang mempunyai arti heroik atau kepahlawan dalam bahasa Jerman.

Pada tahun 1898, beliau memperkenalkan temuannya tersebut pada acara Kongres Dokter Jerman. Dengan temuannya tersebut, heroin mempunyai manfaat sebagai obat penyakit pernafasan seperti asma, TBC dan Bronkitis. Dikarenakan heroin bisa digunakan sebagai obat peryakit pernapasan, Heinrich Dreser membuat slogan “Heroin Sang Penawar Batuk” pada perusahaan Bayer. Dengan slogan tersebut, heroin banyak dicari orang dikarenakan ada jaminan tanpa adanya efek samping setelah dikonsumsi.

Karena adanya jaminan tanpa efek samping, banyak masyarakat yang menjadi kecanduan dengan obat ini. Dampaknya banyak masyarakat yang kecanduan dengan obat ini padahal penyakitnya sudah sembuh. Para ahli dan dokter menganalisa obat tersebut dan menemukan kandungan diasetilmofin pada heroin. Apabila zat aktif tersebut memasuki tubuh, zat tersebut akan memasuki aliran darah dan masuk ke otak sehingga mendapatkan sebuah euforia yang menyebabkan kecanduan akan heroin ini.

Pada tahun 1913, karena desakan dari banyak berbagai pihak, Bayer pun menarik heroin dari pasaran dan menghapus nama heroin dari daftar temuan obat mereka dan mencoreng nama besar dari perusahaan farmasi Bayer. Pada tahun 1924, peredaran heroin pun dilarang keras oleh pemerintahan jerman dan diperbolehkan harus dengan persetujuan dokter.

Posting Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*