19 Views

Jadilah Pahlawan Papua !!!

Menjelang 10 November tiba, kita diingatkan akan peristiwa heroik yang dimiliki bangsa ini. Sebuah kisah, yang menjadi tauladan serta motivasi untuk kita. Untuk itu, sudah seyogiyanya kita mengambil hikmah dari peristiwa yang terjadi itu, serta mengambil hikmah yang sebanyak-banyaknya.

Peristiwa apakah 10 November itu ? Peristiwa itu adalah peristiwa Hari Pahlawan.

Sudah menjadi suatu hal yang maklum, bahwa 10 November adalah hari pahlawan. Hal itu, karena memang pada saat 10 November dari beberapa tahun yang silam, yang mungkin mayoritas warga Indonesia saat ini tidak mengalaminya, pernah terjadi suatu peristiwa heroik, yang menunjukkan sikap kepahlawanan. Pernah terjadi suatu peristiwa, yang menjadi catatan emas, dalam oretan kisah atau sejarah perjuangan para pahlawan bangsa kita. Sehingga, bukanlah suatu hal yang berlebihan, bila kita katakan kedamaian yang kita rasakan dalam setiap hembusan nafas yang kita hirup hari ini, adalah berkat jasa-jasa mereka, berkat perjuangan para pahlawan kita.

Sudah banyak tulisan mengulas hal ini, termasuk di web kami ini. Begitupun tentang para pahlawan Papua, juga sudah ada beberapa tulisan yang membahasnya.

Misalnya, tulisan berjudul “Mengenang dan Memaknai Hari Pahlawan Untuk Papua”, “PAHLAWAN NASIONAL DARI PAPUA (Dulu : Irian Jaya)”, “Salah Satu Pahlawan Nasional dari Indonesia Bagian Timur”, “Sejarah Kembalinya Irian Barat ke Pangkuan NKRI” dan beberapa tulisan lainnya.

Untuk itu, rasanya untuk kesempatan ini penulis tidak berkeinginan mengulasnya kembali. Kali ini, penulis hanya ingin mengambil salah satu hikmah dari Hari Pahlawan itu, melalui sebuah pertanyaan, “Apakah dalam suasana kemerdekaan dan kedamaian yang kita rasakan hari ini, kita sudah tidak bisa menjadi sosok pahlawan, seperti para pahlawan yang diabadikan kisahnya dalam peristiwa Hari Pahlawan itu ?”

Posting Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*