42 Views

Satgas Pamtas RI-PNG Raider 700/Wira Yudha Sakti (WYS) Berhasil Memusnahkan Ladang Ganja

Jayapura, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Kodam XVII/Cenderawasih dari Batalyon Infanteri Yonif 700/R Wira Yudha Sakti (WYS) Kodam VII/Wirabuana berhasil menemukan dan memusnahkan ladang ganja seluas 0,5 hektare di wilayah Kampung Aldom, Distrik Oksibil, Kab.Pegunungan Binang, Papua. Sabtu (23/7).

Hal tersebut berawal dari informasi  Kepala Suku Distrik Oksibil yang melaporkan kepada Kapten Inf Badruddin Fattah sebagai Danki (Komandan Kompi)  Yonif 700/WYS tentang adanya kebun ganja di Kampung Aldom, terdapat banyak pohon ganja yang tumbuh di sekitar tanaman ubi milik warga, yang ditanam oleh orang tak dikenal.

Setelah memeroleh informasi itu, Kepala Suku Aldom, Danki Yonif 700/WYS bersama Kepala Distrik, Danramil 1702-01/Oksibil dan Kapolres Oksibil beserta anggota Koramil dan empat anggota polsek langsung menuju ke TKP (Tempat Kejadian Perkara). Setibanya di lokasi, ditemukan pohon ganja basah dengan berat kurang lebih 10 kg di lahan seluas sekitar setengah hektar.

Kemudian tim melaksanakan pencabutan dan membawa barang bukti tersebut ke Mapolres Pegunungan Bintang dan di terima oleh Kasat Reskrim Kapolres Pegunungan Bintang.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Czi Berlin juga membenarkan hal tersebut. penemuan ladang ganja di hutan Kampung Aldom berada pada koordinat 6584-5734 dengan kondisi pohon ganja yang tumbuh bersama dengan tanaman ubi milik warga.

Seperti diketahui, Satgas Perbatasan RI-PNG dari Yonif Raider 700/WYS yang dipimpin oleh Letkol Inf Horas Sitinjak berjumlah 500 personel ini dikirim khusus dari Kodam VII/Wirabuana Makassar sejak 28 Juni lalu untuk melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) diperbatasan wilayah RI-Papua Nugini sektor utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*