35 Views

Sinar – X

Perkembangan teknologi pada jaman sekarang sangatlah pesat. Berbagai macam cara pengobatan semakin canggih dan beraneka ragam. Salah satunya teraphy menggunakan sinar-X. berbagai macam penyakit berat bisa sembuh jika menjalani teraphy ini dengan rutin dan pengawasan dokter. Disini penulis akan menjelaskan informasi sedikit tentang Sinar-X.

Sama dengan tanggal hari ini, tanggal 8 November 1895 di jerman sinar-x ditemukan. Berarti umur sinar- x adalah 121 tahun semenjak pertama kali ditemukan. Dengan ditemukannya sinar-x sangat berdampak besar kepada ilmu kedokteran. Diagnosa dokter dapat lebih akurat setelah mendapatkan hasil foto yang menggunakan sinar-x tersebut.

Sinar-X adalah suatu gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang 10-8 -10-12 m dan frekuensi sekitar 1016 -1021 Hz. Sinar ini bisa menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit tetapi tidak bisa menembus benda keras sepeti tulang, gigi maupun logam dengan demikian sinar ini sering digunakan di dunia kedokteran.

Sejarah adanya Sinar-X ini ditemukan oleh ilmuan fisika asal Jerman yaitu Wilhelm C. Roentgen pada tahun 1895. Saat itu dia lagi melakukan experimen menggunakan tabung dengan mengamati cahaya yang ada pada tabung Crookes. Selanjutnya tabung tersebut ditutup dengan kertas warna hitam dengan harapan tidak ada cahaya tampak yang bisa lewat. Namun setelah dicoba ternyata masih ada yang cahaya yang lewat. Dengan demikian bisa disimpulkan ada sinar tidak tampak yang mampu menerobos kertas hitam.

Pada saat Roentgen menyalakan sumber listrik tabung untuk penelitian sinar katoda, beliau berpikir bahwa ada cahaya yang berpendar pada layar yang terbuat dari barium platina cyanida. Jika sumber listrik dimatikan,  maka cahaya yang berpendar akan menghilang. Dengan experimen menggunakan sinar katoda disimpulkan bahwa sinar yang tidak kelihatan telah muncul di dalam tabung sinar katoda itu diberi nama Sinar-X.

Posting Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*