25 Views

Salju Abadi Puncak Jaya

Menikmati salju di wilayah tropis rasanya adalah sesuatu yang sangat mustahil. Namun hal ini dapat kita jumpai dan nyata memang ada, keberadaan salju abadi di puncak Jayawijaya sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia menjadi buktinya.

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak gunung tinggi menjulang bisa dibilang menjadi suatu keajaiban tersendiri bagi Indonesia. Jauh di ujung timur kepulauan Indonesia yaitu Papua ternyata juga terdapat sebuah gunung dan satu-satunya di Indonesia, gunung tersebut bernama Jayawijaya.

Nama Jaya Wijaya diberikan oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno karena telah berhasil memegang kedaulatan bagi Papua. Sehingga arti dari Jaya Wijaya adalah puncak kemenangan. Sebelum penyatuan antara Papua Barat dan Indonesia pegunungan ini dinamai dengan Pegunungan Orange. Penemu dari pegunungan ini adalah orang eropa yang bernama Carstensz, seorang petualang dari Belanda. Dia melihat puncak gunung bersalju di daerah tropis dari atas kapal pada tahun 1623.

Posting Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*