15 Views

Sosialisasi Penelitian Keasaman Tanah

Sorong – Babinsa Koramil 1704-01/Sorong Timur, Serka Suprihatin dan PPL se Distrik Mariat, melaksanakan sosiliasasi penelitian keasaman tanah di kelurahan mariyai Kabupaten Sorong, Papua Barat, Selasa (10/01/17).

Danramil Sorong Timur, Mayor Inf Djafar mengatakan dengan diadakannya sosialisasi ini masyarakat dapat mengerti tingkat keasaman pada tanah sehingga dapat mengetahui tanah mana yang cocok untuk di tanami.

“Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Babinsa Mariyai Serka Suprihatin kepada Pok Tani Melati Jaya ini menjelaskan bahwa tanah asam merupakan tanah yang memiliki pH rendah, pH-nya kurang dari 6 sehingga semakin rendahlah nilai pH suatu tanah maka tingkat keasaman tanah tersebut semakin tinggi”, jelasnya.

Danramil juga mengatakan tanah bereaksi asam atau ber-pH rendah berarti tanah tersebut kekurangan unsur Kalsium (CaO) dan Magnesium (MgO), dan tanah yang mengandung organik cenderung memiliki tingkat keasaman tinggi karena mengandung beberapa asam organik hasil dekomposisi berbagai bahan organik.

Ketua Pok Tani Bapak Supar menyampaika ucapan terima kasih atas diadakannya sosialisasi tersebut sebab menurut bapak Supar materi yang dibawakan sangatlah bermamfaat bagi para petani.

“Sosialisasi yang mereka dapat dari Babinsa dan PPL Se- Distrik Mariat sangatlah membantu dalam menentukan tingkat ke asaman tanah. Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 1704-01/Sorong Timur selalu membantu dalam pelaksanaan kegiatan mulai dari percetakan lahan sawah, pembibitan padi dan cara menggunakan mesin transplanter”, katanya.

Posting Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*