15 Views

Cara Mengatasi Lonjakan Harga Cabai

Manokwari – Danramil 1703-01/Manokwari Mayor Inf Suharsono beserta seluruh anggota Babinsa Koramil 1703-01/Manokwari melaksanakan Kegiatan Penanaman Cabai, di Halaman Kantor Koramil 1703-01/Manokwari, Rabu (11/01/17).

Kegiatan penanaman cabai ini dilaksanakan sebagai bentuk karya bakthi guna mendorong masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan kosong disekitar tempat tinggal mereka, seperti menanam tanaman Holtikultura.

Cabai merupakan salah satu komoditi pertanian yang selalu digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu masak yang saat ini harganya sedang melonjak, Apalagi saat menjelang hari-hari besar.

Seperti yang saat ini terjadi di wilayah Kabupaten Manokwari dan sekitarnya. Hal ini diperkirakan terjadi sebab curah hujan yang cukup tinggi di wilayah kabupaten Manokwari dan mengakibatkan produksi cabe dipasaran menurun.

Kegiatan ini juga sejalan dengan Instruksi Panglima TNI, yang menginstruksikan ke satuan jajarannya untuk membudidayakan tanaman cabai, sehingga Komandan Kodim 1703/Manokwari Letkol Inf Andy Parulian, S.I.P memerintahkan satuan jajaran dibawahnya untuk melaksanakan instruksi Panglima TNI, dengan menanam cabai di sekitar pekarangan Kantor Koramil maupun perumahan Dinas.

Selain di pekarangan, Dandim juga menyarankan untuk menggunakan dipolybag guna mensiasati minimnya lahan dilingkungan Kantor, dan mamfaat lain menggunakan polybag  karna cukup mudah dilakukan, baik didataran tinggi maupun dataran rendah.

Untuk cabe yang cocok ditanam di polybag adalah cabai jenis keriting dan cabai rawit, sebab kedua jenis cabai ini relatif tahan terhadap iklim tropis, dan rasanyapun cukup pedas sehingga banyak disukai orang dan laku dipasaran.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan lingkungan Kantor Koramil akan kelihatan hijau, sejuk serta membuat kesan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Jadi bila terjadi lonjakan harga cabai seperti yang terjadi saat ini anggota tidak kebingungan untuk mencari cabai di pasarana sebab dapat memamfaatkan hasil dari usaha yang telah dilaksanakan, tanpa ada keluhan terutama ibu – ibunya”, Ujar Danramil.

Posting Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*