Babinsa Sorong Timur Wujudkan Swasembada Pangan Nasional

Sorong – Babinsa Koramil 1704-01/Sorong Timur, Serka Suprihatin Melaksanakan pendampingan serta pengarahan tentang Tanda-tanda padi yang diserang oleh Hama kepada Kelompok Tani Melati Jaya pimpinan Bapak Supar, bertempat di Kelurahan Mariyai, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Kamis (02/02/17).

Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh Babinsa guna menunjang Program Swasembada Pangan Nasional, selain pendampingan Jagung Babinsa Sorong Timur juga melaksanakan pendampingan penanaman Padi serta memberikan pengarahan kepada para Petani tentang tanda-tanda padi yang diserang oleh hama, baik hama ulat gulung, hama Jamur dan hama ulat penggerek.

Serka Suprihatin mengatakan bahwa Hama tanaman adalah hewan yang dianggap merugikan dan tidak diinginkan yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sekaligus bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman.

“Ada banyak hewan yang masuk dalam kategori hama pada tanaman, seperti hama Wereng gejala serangan hama wereng antara lain bisa menyebabkan daun dan batang tumbuhan berlubang-lubang, daun dan batang kemudian kering, dan pada akhirnya mati,” Jelas Suprihatin.

Dia juga menambahkan cara pengendalian hama wereng adalah dengan cara Pengaturan pola tanam, yaitu dengan melakukan penanaman secara serentak maupun dengan pergiliran tanaman. Pergiliran tanaman dilakukan untuk memutus siklus hidup wereng dengan cara menanam tanaman palawija atau tanah dibiarkan selama 1 s/d 2 bulan, selain cara itu juga masih banyak cara yang lain, tuturnya.

Menerima penjelasan dari Serka Suprihatin, Ketua Kelompok Tani Melati Jaya, Bapak Parjo mengucapkan terimakasih atas pendampingan oleh Bapak Babinsa ini, selain memberikan pengetahuan tentang Tanda-tanda padi yang diserang oleh Hama, juga terjun langsung ke awah dengan para kelompok tani, semoga pengetahuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kami kelompok tani kedepanya, ujarnya.

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }