29 Views

Bahaya Membuat Berita Hoax

Akhir-akhir ini banyak bermunculan berita-berita Hoax (Bohong) yang beredar di media social yang isinya bernada hasutan, kebencian, penghinaan isu-isu SARA yang tidak saja menyesatkan dan meresahkan, tapi juga rawan memicu konflik serta menimbulkan kegaduhan dalam masyarakat.

Hoax yang dalam bahasa inggris dapat berarti tipuan, menipu, berita bohong, berita palsu atau kabar burung. Jadi dapat disimpulkan bahwa hoax adalah kata-kata yang berisi ketidakbenaran suatu informasi. Selain berupa tulisan, berita hoax juga ditemukan dalam bentuk tayangan gambar, video maupun animasi yang dibuat dengan teknologi digital dan penuh rekayasa.

Menyebarkan, mengirimkan kabar bohong (hoax), atau bahkan Cuma sekedar forward bisa terancam pasal 28 ayat 1 dalam undang-undang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) yang berbunyi “Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal 1 Miliar Rupiah.