21 Views

Babinsa Ayamaru Selesaikan Masalah Masyarakat Yang Bertikai

Sorong – Babinsa Koramil 1704-05/Ayamaru Serda Abdul Gafur Payapo melaksanakan mediasi dalam menyelesaikan masalah antar warga yang terjadi di Kampung Jitmau Distrik Aitinyo Raya Kabupaten Maybrat, Minggu (09/04/2017).

Awal terjadinya masalah tersebut bermula dari adanya seorang warga Dewen Nako yang masuk diam-diam kerumah Edho Nako melalui Jendela sambil membawa sebilah pisau dengan niat untuk mencuri, tapi niatnya gagal karena diketahui langsung oleh sang pemilik rumah, dampak kejadian tersebut menimbulkan kemarahan besar seluruh keluarga Edho Nako sehingga menimbulkan situasi panas dan menimbulkan kerusuhan sampai terjadi perusakan rumah sampai akan membakar rumah milik Samuel Jitmau yang merupakan orang tua angkat dari Dewen Nako.

Pada waktu kejadian tersebut, Babinsa Serda Abdul Gafur Payapo yang sedang melaksanakan piket berusaha meredam suasana agar tenang, Babinsa memanggil dan mempertemukan kedua belah pihak yang sedang bertikai dan melakukan Mediasi guna menyelesaikan masalah agar permasalahan tidak meluas.

Penyelesaikan masalah yang digelar dikediaman Edho Nako tersebut dihadiri oleh kepala kampung dan kedua keluarga yang bertikai dengan dimotori oleh Babinsa  Ayamaru dengan kesepakatan bersama harus tetap dengan adanya Denda Adat yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Edho Nako, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada babinsa ayamaru yang membantu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

“Kami bersyukur adanya Babinsa ditempat kami, mungkin tanpa kehadiran Babinsa yang meredam masalah tersebut dapat meluas dan akan menimbulkan korban sehingga harus melibatkan proses hukum”, ungkapnya.

Posting Terkait