0 Views

Wawasan Kebangsaan Mempunyai Makna Dasar Kecintaan Kepada Bangsa Dan Negara

Waisai – Bertempat di Aula SMP N 14 Raja Ampat di Kelurahan Sapordanco Distrik Waisai Kota Kab Raja Ampat telah dilaksanakan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada para siswa siswi kelas IX SMPN 14 Raja ampat oleh Mayor Inf Wahlin Rahman selaku Danramil 1704 -03/saonek yang dihadiri Kurang lebih 120 orang, Senin (18/09/2017).

“Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dicetuskan pertama kali oleh Mpu Tantular, seorang pujangga agung kerajaan Majapahit yang hidup di masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, di abad ke-14 (1350-1389). Semboyan tersebut berasal dari karyanya dalam bahasa Sutasoma yang berbunyi “Bhinna ika tunggal ika, tan hana dharma mangrwa, yang artinya Berbeda-beda itu tetap itu, tak ada pengabdian yang mendua” Terang Danramil saat memberikan penjelasan Kepada Siswa Siswi SMP.

Menurutnya,pemberian  wawasan kebangsaan mempunyai makna dasar kecintaan kepada Bangsa dan Negara, khususnya kepada generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu, Danramil mengimbau agar para pelajar belajar sunguh-sungguh sehingga bermanfaat untuk keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara.

Salah satu guru SMP Negeri 14, menyatakan materi yang diberikan ini sangat positif guna memotivasi anak-anak agar timbul kesadaran dalam berdisiplin serta berbangsa dan bernegara. “Ini menjadi motivasi dan pembelajaran buat siswa. Apalagi materi disampaikan langsung oleh TNI dalam hal Koramil 1704-03/Saonek, anak-anak menjadi lebih bangga”, dan saya berharap kegiatan seperti ini akan berlanjut.

Posting Terkait