0 Views

Peristiwa G 30 S/PKI Ibarat Legenda Sangkuriang Dan Maling Kundang

Sorong Barat – Babinsa Koramil 1704-01/Sorong Barat Serda Adil memberikan materi Wawasan Kebangsaan tentang peristiwa G 30 S/PKI kepada siswa SUPM di Aula Kampus Jl.  Ahmad Yani Kelurahan Klakublik Distrik Sorong Kota, Jumat (22/09/2017).

Sejak dihilangkannya peristiwa G 30 S/PKI pada tahun 2008 dari kurikulum mata pelajaran sejarah di sekolah, pemahaman siswa tentang peristiwa G 30 S/PKI sekarang ibarat legenda maling kundang dan sangkuriang di mata para siswa. Seperti yang dikatakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantio bahwa “Anak-anak saya, prajurit-prajurit saya masih banyak yang belum tahu tentang PKI”. Ujar babinsa

Bagaimana tidak, jangankan hafal tanggal, tempat kejadian, nama-nama tokoh dan pahlawan revolusi korban PKI. Siswa-siswa bahkan ada yang tidak tahu tentang peristiwa G 30 S/PKI. Hal itu sangat di sayangkan dan memprihatinkan mengingat pelajar adalah generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan seharusnya mengetahui sejarah kelam yang dialami bangsa ini.

Serda Adil berharap materi pelajaran sejarah peristiwa G 30 S/PKI di angkat lagi menjadi materi pelajaran yang wajib diketahui oleh para siswa. Agar nilai-nilai kebangsaan ditanamkan sejak dini di sekolah, sehingga jiwa nasionalisme dan patriotisme mereka akan kuat dalam menghadapi terpaan radikalisme dan ekstrimisme dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut, Babinsa juga meminta kepada para pelajar untuk menjaga kedisiplinan, jiwa kebangsaan, solidaritas dan menimba ilmu setinggi mungkin. Sebab, dengan ilmu itulah mereka akan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang perusak persatuan dan mana yang menjadi pemersatu bangsa. Yang tidak kalah penting, jauhi narkoba serta miras agar kelak kalian generasi muda, siap menjadi pemimpin yang berkualitas di negeri ini,” tegasnya.

Di waktu yang sama, Kepala Sekolah SUPM Drs. Sunaryo sangat mengapresiasi upaya babinsa dalam memberikan pemahaman wawasan Kebangsaan dan berharap akan dapat memberikan ilmu dan materi yang lain kepada para siswanya pada kesempatan berikutnya.

Posting Terkait