Antisipasi Hama Penyerang Tanaman Cabai Keriting

Sorong – Serda Sudarno yang betugas sebagai Babinsa Klamalu Koramil 1704-01/Sorong Timur melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama kelompok tani Harapan Gawe bertempat dirumah Bapak Jaini yang merupakan Kepala Kelompok Tani Kelurahan Klamalu, Distrik Mariyat, Kabupaten Sorong, Senin (06/11/17).

Dalam kegiatan Rapat bersama ini bertujuan membahas banyaknya hama yang menyerang tanaman selama ini, serta rencana menanam kembali Cabai Keriting di lahan sawah kelompok tani Harapan Gawe Kelurahan Klamalu Distrik Mariyat, Babinsa mengatakan salah satu faktor penghambat peningkatan produksi cabai keriting adalah adanya serangan hama dan penyakit. Kehilangan hasil produksi cabai keriting karena serangan penyakit busuk buah (Colletotrichum spp), bercak daun (Cercospora sp) dan cendawan tepung (Oidium sp) berkisar antara 5% – 30%. Strategi pengendalian hama dan penyakit pada tanaman cabai keriting dianjurkan penerapan pengendalian secara terpadu, tutur Babinsa.

Danramil 1704-01/Sorong Timur Kapten Inf Irwan Suwarna dalam kesempatan yang berbeda mengatakan Guna mengantisipasi hal tersebut para Babinsa jajaran Koramil Sorong Timur selalu berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan pendampingan kepada petani khususnya dalam pencegahan hama yang menyerang tanaman Cabai keriting, seperti halnya yang dilakukan oleh Serda Sudarno yang betugas sebagai Babinsa Kalamalu  Koramil 1704-01/Sorong Timur ini, jelas Danramil, kegiatan ini juga lebih mengedepankan kebersamaan dalam menentukan suatu permasalahan yang terjadi diwilayah binaan, sehingga tercapai suatu kesepakatan yang dihasilkan dari musyawarah bersama, lanjut Danramil katakan.

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }