0 Views

Tanaman Subur Petani Makmur

Kaimana – Anggota Kodim 1713/Kaimana, Sertu Ferdinan sihombing melaksanakan kegiatan penyuluhan pembuatan pupuk organik bersama kelompok tani Jembatan Biru, bertempat di Desa COA, Distrik Kaimana, Jumat (01/12/2017).

pada kesempatan tersebut Sertu Ferdinan sihombing sebagai narasumber didampingi dari staf Kodim 1713/Kaimana menyampaikan dalam aktivitas usaha tani hortikultura pupuk merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam kegiatan dibidang pertanian, namun sampai saat ini masih banyak petani yang mengeluhkan kelangkaan dan mahalnya harga pupuk kimia di pasaran sehingga biaya produksi menjadi lebih tinggi.

Ketergantungan para petani terhadap pengunaan pupuk kimia yang selama ini dilakukan dalam kegiatan usaha tani sebenarnya dapat merugikan petani itu sendiri, karena selain harganya mahal pengunaan pupuk kimia secara berlebihan dan terus-menerus dapat menurunkan tingkat kesuburan tanah serta tanah akan menjadi padat dan kering.

Untuk itu Kodim 1713/Kaimana ingin berbagi pengetahuan dan motivasi kepada kelompok tani yang ada Desa COA tentang bagaimana cara pembuatan pupuk organik dari bahan limbah-limbah organik,  diharapkan kelompok tani setempat tidak menilai limbah-limbah organik tersebut hanyalah sampah melainkan sebagai pupuk dan memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam kegiatan tersebut di adakan tanya jawab oleh narasumber dengan kelompok tani agar masyarakat mengerti dan memahami apa yang telah disampaikannya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan penyuluhan pembuatan pupuk organik ini dapat mewujudkan hubungan yang harmonis antara TNI dan masyarakat.

Posting Terkait