0 Views

Bersama Kodim Manokwari, Masyarakat Papua Bisa Panen Padi

Manokwari – Dalam rangka untuk mensukseskan program upsus pajale guna meningkatkan ketahanan pangan di daerah/nasional. Kodim 1703/Manokwari melaksanakan Panen Padi bersama Kelompok Tani Lokal Suruan Mitoy di Kampung Sidey Pantai Distrik Sidey Kab. Manokwari Prov. Papua Barat, Sabtu (10/02/2018).

Padi yang dipanen itu merupakan hasil pendampingan Kodim 1703/Manokwari bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Manokwari yang terkait di program swasembada pangan. Adapun yang hadir dalam acara panen padi tersebut adalah Pasiter Kodim 1703/Manokwari Lettu Inf Prapto Widodo, Danramil 1703-04/Warmare Lettu Inf Sudiyantoro, Ketua Kelompok Tani Suruan Mitoy Demitrius Moktis, Babinsa Koramil 1703-04/Warmare sebanyak 10 orang dan masyarakat lokal sebanyak 92 orang.

Kegiatan Panen Padi terlihat sangat Indah dan Unik karena petani lokal melaksanakan panen menggunakan pakaian adat Arfak di lahan sawah seluas 2 Ha serta mereka ingin menunjukkan bahwa masyarakat Papua bisa tanam padi dan panen padi. Hal ini bisa terjadi, sejak ada gerakan upaya khusus dari TNI terutama Babinsa sehingga petani lokal sangat bersemangat untuk belajar tanam padi.

“Tidak ada sesuatu hal yang tidak mungkin dikerjakan apabila kita mau berusaha dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Seperti yang dilakukan oleh para petani lokal Kampung Sidey Pantai, dengan usaha yang gigih mereka dapat menikmati hasil dari usahanya tersebut, apabila seluruh masyarakat Papua dapat bercocok tanam padi maka pastinya bukan tidak mungkin Kabupaten Manokwari akan menjadi salah satu daerah penghasil beras di negara kita ini.” Ujar Lettu Inf Prapto Widodo

Ketua Kelompok Tani Suruan Mitoy Demitrius Moktis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1703/Manokwari khususnya Babinsa Warmare yang tidak henti – hentinya melaksanakan pendampingan, baik dari mulai membantu petani menyiapkan lahan, tanam padi, mengawasi pendistribusian, perawatan tanaman sampai dengan panen padi. Kegiatan Panen Padi tersebut diakhiri dengan moment yang sangat romatis yaitu makan bersama petani lokal dengan Babinsa Warmare dengan cara saling menyuapi nasi.

Posting Terkait