0 Views

Pertahankan Kedaulatan Negara Demi Keutuhan Wilayah NKRI

Sorong – Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono,M.A, menyambut kedatangan Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Politik Mayjen TNI Pandji Suko H Judho, dan Kasubdit Matra Darat kolonel Inf Mucthar Lutfi dalam Rangka memberikan Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara di Lingkungan PNS, TNI dan BUMN di Sorong, yang dihadiri oleh Asisiten III Walikota Sorong Drs. Wilhemus Asmuruf, para Kasi Korem 171/PVT, para Dansat dan Kabalak Aju Korem 171/PVT, para BUMN Kota Sorong, TNI dan PNS  yang bertempat di Aula Praja Vira Tama, Sorong – Papua Barat, Rabu (21/03/18).

Pertahanan Negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terarah dan berlanjut untuk menegakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segenap ancaman.

Perkembangan Lingkungan Strategis dan ancaman semakin kompleks, dan perlu ada usaha negara untuk menata sistem dan membangun kesiagaan seluruh komponen bangsa untuk pertahanan negara. Reformasi di Bidang pertahanan, penyusunan komponen pertahanan negara yang diamanatkan UUD 1945 harus dilaksanakan, Bila Negara tidak memiliki kesiapan prima untuk menghadapi peperangan era global maka semakin banyak ancaman yang masuk di negara.

Posting Terkait