0 Views

Dandim Fakfak Berikan Pembekalan Kepada Mahasiswa Baru Stikip Fakfak

Fakfak – Bertempat di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Fakfak Jln.Yos Sudarso Kelurahan Wagom, Distrik Pariwari, Kab. Fakfak telah dilaksanakan Pemberian Materi Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan oleh Dandim 1706/fakfak (Letkol Inf Yatiman, A.Md), Dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Ospek) Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (Stikip) Nuuwar dengan tema “MENJADI GENERASI SADAR LITERASI YANG MEMILIKI INTEGRITAS, ILMIAH DAN BERKARAKTER ” yang di ikuti -+ 173 Orang.

Pemberian Materi Oleh Dandim 1706/Fakfak di dampingi oleh Dosen PGSD. Sdr. Ramin Ode, S.Pd. M.Pd dan panitia Theodorus Rahangiar (seksi perlengkapan).

Sebelum memberikan Materi terlebih dahulu Dandim memperkenalkan diri kepada Mahasiswa/Mahasiswi yang baru, dengan tujuan agar ada keakraban antara mahasiswa/mahasiswi dengan aparat TNI-AD.

Dalam pemberian materi Dandim 1706/fakfak menjelaskan arti Wawasan Kebangsaan berasal dari kata Wawas (dalam bahasa sansekerta) yang memiliki makna tinjauan, pandangan dan penglihatan indrawi, dan kata Kebangsaan berasal dari kata bangsa yang berarti kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Selain itu Dandim juga menjelaskan tentang Hakikat Wawasan Kebangsaan ialah keutuhan secara nasional, yang juga dapat diartikan sebagai cara pandang yang utuh/menyeluruh dalam lingkup bangsa indonesia dan demi kepentingan nasional, Dandim juga menjelaskan arti Bela Negara ialah sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaanya kepada negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Nilai dasar Wawasan Kebangsaan terdiri dari :

  1. Penghargaan terhadap harkat & martabat manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan yang maha esa artinya Kita harus menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.
  2. Cinta tanah air dan bangsa.
  3. Demokrasi/kedaulatan rakyat contohnya kita harus loyal memilih.
  4. Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka & bersatu.
  5. Masyarakat adil dan makmur.
  6. kesetiakawanan sosial.

Dandim 1706/fakfak jega menghimbau kepada Mahasiswa/mahasiswi agar menjauhi Narkoba karena sekarang lagi maraknya narkoba dan itu dapat merusak masa depan anak bangsa.

“Hindari tawuran karena itu tdk ada gunanya mala merugikan diri sendiri dan apabila ada yang teman yang ajak ksh pemahaman supaya tdk ikut tawuran karna bertentangan dgn hokum, Jangan mengikuti pergaulan bebas dan kita semua harus nengendalikan diri karna sekarang zaman sdh canggih dan Jalankan kulia dgn baik supaya kedepannya kulia selesai dan mendapatkan ilmu yang bisa disalurkan kemasyarakat,” Terang Dandim.

Pemberian Materi Kedisiplinan Inti dari disiplin yaitu taat kepada peraturan, taat kepada perintah Allah dan menjauhi segala larangannya, dan kalau disiplin dilanggar pasti ada teguran. Disiplin merupakan unsur pengikat, unsur integrasi (Penyatu), unsur yang dapat menggairahkan kerja atau sebaliknya, sebagai sumber untuk menunjukan etos kerja sertai tujuan dapat tercapai. Macam-macam disiplin seperti disiplin waktu, disiplin sikap, disiplin kerja serta disiplin pribadi.

Posting Terkait