0 Views

Rapat Dengar Pendapat Dalam Kunker Komisi I DPR RI Ke Kodam XVIII/Kasuari

Manokwari – Tim Komisi I DPR RI tiba di bandara Rendani Kab. Manokwari Prov Papua Barat, Kamis (02/08/18) pukul 08.45 WIT. Setiba di bandara, Ketua Tim Komisi I DPR RI beserta rombongan disambut dengan acara penginjakkan kaki di piring, pengalungan Noken dan pemakaian mahkota bulu burung Kasuari dengan diiringi tari tarian khas Papua Barat. Dalam penyambutan tersebut turut hadir Pangdam XVIII/Kasuari, Gubernur Prov Papua Barat, Kapolda Prov Papua Barat, Ketua DPRD Prov Papua Barat, Kasdam XVIII/Kasuari, Danrem 171/PVT, Danlantamal XIV, Kabinda Papua Barat,  Danlanud Manuhua Biak,  Kafasarkan Manokwari, Asisten Kasdam XVIII/Ksr, Kabalakdam XVIII/Ksr, Dandenma Kodam XVIII/Ksr, Dandim 1703/Mkw dan Dandeninteldam XVIII/Ksr. Selanjutnya Ketua Tim Komisi I DPR RI beserta rombongan menuju ruang VIP Bandara Rendani untuk melaksanakan istirahat sejenak.

Selanjutnya Tim Komisi I DPR RI beserta rombongan menuju Makodam XVIII/Kasuari, dilanjutkan sambutan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppey Onesimus Wayangkau. Dalam sambutannya,Pangdam mengucapkan Selamat Datang kepada Ketua Tim Komisi I DPR RI beserta rombongan yang telah berkenan melaksanakan kunjungan kerjanya di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Selanjutnya, Pangdam menyampaikan bahwa TNI AD merupakan alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan politik Negara, sebagai alat pertahanan negara TNI berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman Militer maupun Non Militer baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Mayjen TNI Joppey Onesimus Wayangkau juga menyampaikan secara umum situasi dan kondisi wilayah Prov Papua Barat yang aman, Hal ini dapat terlihat dan dirasakan selama lebih dari 11 tahun paska terbentuknya Prov Papua Barat. Wilayah Papua Barat telah banyak mengalami perubahan kearah positif, baik di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Hankam.
Kodam XVIII/Kasuari siap menjaga dan memelihara situasi dan kondisi Prov Papua Barat sesuai dalam Amanat Undang Undang  No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan tentang kekurangan  Kodam XVIII/Kasuari yang baru berusia kurang dari 2 tahun, yang perlu bimbingan dan arahan serta perlunya satuan bawah yang segera dibentuk. Selain itu Mayjen TNI Joppey Onesimus Wayangkau menyampaikan bahwa Kodam telah menerima bantuan hibah berupa tanah ratusan hektar dari Pemprov Papua Barat untuk digunakan sebagai lahan pembangunan pangkalan militer. Dalam hal tersebut, selaku Pangdam XVIII/Kasuari  memohon kiranya Ketua Tim Komisi I DPR RI  membantu pengurusan administrasi di tingkat pusat tentang hibah tanah dan bangunan dari Pemprov Papua Barat.

Danlanud menyampaikan tentang rencana pembangunan radar yang rencananya akan dibangun di wilayah Manokwari dan Sorong dan menyampaikan masih belum memiliki lahan untuk pembangunan landasan udara serta masih di kordinasikan dengan pihak Pemerintah Daerah setempat. Selain itu Danlantamal menyampaiakan tentang Alutsista yang selama ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan personel militer serta PNS.

Ketua Tim Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) Azril Hamzah Tanjung, S.I.P mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodam XVIII/Kasuari yang telah menyambut dengan baik atas Kunker Tim Komisi I DPR RI di wilayah Papua Barat. Dalam hal tersebut Ketua Tim akan menindaklanjuti permasalahan yang dihadapi TNI khususnya di wilayah Papua Barat guna mendukung pelaksanaan Tugas Pokok TNI. Mayjen TNI (Purn) Azril Hamzah Tanjung, S.I.P akan menyampaikan ke Pemerintah Pusat tentang kondisi serta kekurangan dari Tiga Matra TNI yaitu TNI AD, AL dan AU.

Dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut sangat banyak pertanyaan dan saran/masukan dari anggota Komisi I DPR RI yang sangat positif dan membangun baik untuk Pemda Prov Papua Barat, Kodam XVIII/Kasuari, Lantamal XIV dan Lanud Manahua Biak. Acara diakhiri dengan saling tukar cinderamata, ramah tamah dan foto bersama di depan Makodam XVIII/Kasuari.

Posting Terkait