Para Pelajar Dari Sekolah Di Sumut Menerima Materi Pertahanan Dan Ideologi Kebangsaan

Oleh : Penrem 171/Praja Vira Tama

Sorong – Pada hari Kamis tanggal 09 Agustus 2018 pkl 08.00 WIT Kasi Intel Korem 171/PVT Kolonel Inf Albert Panjaitan memberikan materi tentang Pertahanan dan Ideologi Kebangsaan kepada para Pelajar dari beberapa sekolah di Sumatera Utara bertempat di asrama Batalyon 752/VYS, Jl. Basuki Rahmat KM 10, Kota Sorong- Papua Barat.

Sekilas materi kepada para pelajar tsb, dijelaskan bahwa Bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh dalam suatu wilayah kepulauan yg terbesar di dunia serta memiliki keanekaragaman suku, etnis, agama, bahasa dan adat istiadat. Wilayah NKRI sangat kaya dan letaknya sangat strategis karena berada di antara dua benua yaitu Asia dan Australia serta dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik, namun posisi geografis Indonesia tersebut juga memiliki potensi kerawanan baik dari dalam maupun luar negeri yang berkaitan dengan IPOLEKSOSBUD HANKAM. Guna menghadapi kerawanan tersebut perlu tekad dari semua komponen bangsa, khususnya para pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk berperan aktif dalam menghadapi dan memecahkan berbagai persoalan dan kesulitan bangsa.

Derasnya arus globalisas membawa pengaruh terhadap Nasionalisme saat ini. Fenomena ini harus segera di atasi oleh seluruh komponen masyarakat untuk mencegah disintegrasi bangsa dan untuk menjaga keutuhan NKRI. Disadari bahwa dinamika perkembangan situasi dan kondisi ideologi saat ini sangat dipengaruhi oleh isu-isu global dan mengakibatkan menurunnya tataran implementasi ” Nilai-nilai mental ideologi dan kejuangan” yang merupakan nilai-nilai fundamental dan menjadi kesepakatan atau konsensus dasar bangsa Indonesia, yakni : Pancasila, UUD RI 1945, BhinekaTunggal Ika dan NKRI.

 

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }