Babinsa Sorong Barat Bersinergi Bersama Dinkes Kota Sorong Atasi Penyakit Kaki Gajah

Sorong – Dalam rangka pencegahan Penyakit Kaki Gajah atau yang disebut dengan Filariasi, Babinsa Koramil 1704-02/Sorong Barat Sertu Stefanus Mambrasar dan Serda Agus Salim bersinergi bersama Dinas Kesehatan Kota Sorong mengadakan Sosialisasi dan Advokasi Pemberian obat Filariasis atau Kaki Gajah bertempat di Kelurahan Tanjung Kasuari Kota Sorong, Senin (01/10/2018).

Adapun yang hadir dalam kegiatan Sosialisasi ini yaitu Kepala Distrik Maladomes Ibu Dorce Jitmau, Kepala Puskesmas Tanjung Kasuari Bapak Yanto Jumame, Bhabinkamtibmas beserta masyarakat yang hadir kurang lebih 50 orang.

Kepala Puskesmas Tanjung Kasuari Bapak Yanto Jumame menjelaskan  siklus penularan Filariasis ini disebabkan oleh cacing dan ditularkan lewat nyamuk (semua jenis nyamuk) Pengetahuan terhadap gejala klinis Filariasis hingga ke tahap kronis, pada awalnya penderita akan mengalami demam selama beberapa hari kemudian setelah sembuh akan demam kembali setelah 1 atau minggu, sembuh kembali namun akan demam kembali selama periode waktu 1 minggu atau 2 minggu kemudian, juga disertakan dengan tumbuhnya benjolan di sekitar lipatan paha maupun ketiak. Penyakit Kaki Gajah ini tidak hanya menyerang kaki namun tangan, payudara maupun buah zakar bisa terserang. Program ini dilakukan, mendukung penuh, dan mengharapkan target lebih menyakinkan kita serta turut berpartisipasi dalam pencegahan penyakit kaki gajah. Tutur Kepala Puskesmas

Babinsa Koramil 1704-02/Sorong Barat mengatakan, tujuan dari Sosialisasi ini antara lain adalah Kaki Gajah (Filariasis) tidak menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat khususnya Kelurahan Tanjung Kasuari karena program ini Mencegah dan membatasi kecacatan karena Kaki Gajah, ucapnya.

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }