Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa

Sorong –  berlangsung upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pada pukul 07.30 WIT yang bertempat di lapangan Makodam XVIII/Kasuari yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Ksr. Pada upacara tersebut yang bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Pangdam XVIII/Ksr, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, bertindak sebagai komandan upacara Letkol Inf Samsir S,Ag, dan perwira upacara adalah Kapten Ckm Lahajirin, Senin (01/10/2018).

Setiap tgl 1 Oktober, selalu diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai hari Kesaktian Pancasila. Tanggal tersebut diperingati berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September yang dikenal dengan singkatan (G-30S/PKI) yang terjadi pada 30 September 1965. Gerakan tersebut adalah gerakan yang akan merongrong ideologi Pancasila dan akan menggantinya dengan ideologi Komunis yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) dan menelan korban ribuan bangsa Indonesia khususnya para Jenderal dan Perwira TNI AD. Namun, atas berkah Tuhan Yang Maha Kuasa yang memberikan bangsa Indonesia berupa Kesaktian Pancasila, maka PKI dapat ditumpas habis beserta tokoh-tokoh dan pengikutnya.

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, merupakan pengikat bangsa Indonesia yang sangat heterogen. Mengingat Indonesia secara geografi terdiri dari ribuan pulau yang masing-masing pulau didiami oleh berbagai Suku, Agama, Ras dan Golongan. Pancasila harus menjadi inspirasi dalam berdemokrasi dan melaksanakan karya-karya kemanusiaan di tengah modernisasi peradaban saat ini. Membudayakan Pancasila dan menjaga nya hendaknya menjadi tekad bangsa Indonesia selamanya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan baik hati, pikiran, sikap dan perbuatan bangsa Indonesia.

Diharapkan dengan diadakannya peringatan kali ini mampu menjadikan pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }