Pelaksanaan Pembukaan Gelar Teknologi Sayuran di Kampung Mandopma Distrik Fakfak Tengah

Fakfak – halaman Gereja Katolik Imanuel Satasi Mandopma, Kampung Mandopma, Distrik Fakfak Tengah Kab.fakfak telah dilaksanakan Kegiatan pembukaan Gelar Teknologi Sayuran dengan tema : “Mari Menanam Sayuran Untuk Meningkatkan Ekonomi Dan Gizi Keluarga”. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Bina Tani Sejahtra ( YBTS ) dan Prisma yang dukung oleh Dinas Pertanian Kabupaten Fakfak. Kegiatan dibuka oleh Bupati yang diwakili oleh Asisten II Bidang Pertanian Carles Kambu, SE, M.Si dan dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian Sdr. M Soleh, Kabag Sumda Polres Fakfak AKP. Hender Jetha H. Jossu, Pasi Ter Kodim 1706 Fakfak Kapten Inf Siswanto, Kepala Distrik Fakfak Tengah Sdr. Soleman Heretrenggi, SE, M.Si, Perwakilan YBTS Sdr. Pascalis, Perwakilan PT. East West Seed Indonesia Ms. Giled Kepala Unit BRI Fakfak Tengah Sdr. Basir Tohepali, Ketua PPL Klomang, Ketua Kelompok Tani Klomang Sdri. Dan -/+ 100 orang petani Klomang Kampung Mandopma, Distrik Fakfak Tengah, Jumat (19/10/2018).

Penyerahan Cendramata dari Kepala Distrik Fakfak Tengah Kepada Asisten II Bupati Fakfak,Penyerahan Cendramata dari Ketua YBTS Klomang Mandopma kepada Asisten II Bupati Fakfak dan Ibu, Ketua PPL Klomang, Dandim 1706 Fakfak yang diwakili oleh Pasiter Kodim 1706 Fakfak  dan Kapolres Fakfak yang diwakili oleh Kabag Sumda  Fakfak. Laporan Ketua Panitia dan cerita singkat berdirinya kelompok tani klomang Mandopma. Sambutan Kepala Distrik Fakfak, antara lain, Menyampaikan apresiasi kepada para kelompok tani klomang yang dengan penuh upaya dan kerja keras mampu memanfaatkan tanah dan lahan yang dianggap tidak layak bertani menjadi lahan pertanian yang produktif. Hal tersebut di buktikan dengan adanya hasil yang nantinya akan di panen pada kegiatan hari ini. Menyampaikan kami sebagai pemerintah mengharapkan kepada para kelompok tani khusunya Klomang untuk tetap mengembangkan hasil pertaniannya ini sehingga dapat mendonggrak kesejahteraan dari para petani dan juga mengharapkan kepada pemerintah serta instansi terkait dalam hal ini Dinas pertanian untuk tetap memberikan bimbingan melalui para PPL sehingga proses pertanian kelompok tani klomang tetap berkembang terus menerus secara berkesinabungan. Mengharapkan agar seluruh kampung yang ada di Distrik Fakfak Tengah dapat membentuk kelompok Tani sehingga dapat mewujudkan petani sejahtera di Distrik Fakfak Tengah.

Sambutan dari perwakilan dari YBTS, antara lain,Menyampaikan bahwa kami YBYS melaksanakan kegiaran ini sebagai tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang budidaya tanaman sayur yang baik kepada petani sayur Papua Barat dengan 3 (tiga) jalur pendekatan inklusif warga lokal Papua, petani migran dan promosi 3 sayuran daun yang ditanam oleh wanita/ ibu rumah tangga di pekarangan rumah,Menyampaikan bahwa penyelenggarakan rangkaian pelatihan dan pendampingan teknis terhadap petani yang terpilih sebagai pengadopsi dan mendorong petani lain khususnya petani lokal dan untuk membagikan sarana pengetahuan leaflet dan buku panduan. Menyampaikan bahwa Kegiatan pendampingan yang dilakukan Yayasan Bina Tani Sejahtera, didukung oleh PT East West Seed Indonesia (EWINDO) dimulai pada bulan Mei 2017.

Gelar teknologi dan Regional Expo diselenggarakan dengan tema “Mari Menanam Sayuran untuk Meningkatkan Ekonomi dan Gizi Keluarga” merupakan wujud kepedulian YBTS kepada masyarakat kalangan bawah khususnya pedesaan atau kampung – Kampung untuk bisa berdiri mandiri guna kelangsungan kehidupan. Harapan kami dari kegiatan Gelar Teknologi dan Regional Expo ini adalah agar para undangan yang hadir dapat memperoleh informasi yang akurat terkait produk Cap Panah Merah, cara budidaya sayuran yang baik, serta mengetahui pentingnya konsums.

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }