Atasi Berita Bohong Hoax, Babinsa Selalu Beri Pemahaman Kepada Warga

Bertempat di Kampung Wayankede Koramil 1704-04/Seget, Serka Gede Hawira memberikan pemahaman tentang berita bohong (hoax) kepada Keluarga Bapak Arkilaus Anggololy, yang akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu. Sorong, Kamis (08/11/18).

Kebiasaan buruk, banyak warga hanya membaca headline berita tanpa membaca isinya, banyak beredar artikel yang isinya benar tapi diberi judul yang heboh dan provokatif.

Dalam komsos tersebut Babinsa menjelaskan, diera teknologi digital saat ini , bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video, ada kalanya pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca’’.

Kadang-kadang berita benar yang sudah lama diterbitkan bisa beredar lagi di sosial media. Ini membuat kesan bahwa berita itu baru terjadi dan bisa menyesatkan orang yang tidak mengecek kembali tanggalnya yang sebenarnya tidak sama dengan isi artikelnya. Lanjut Babinsa, oleh karena itu, apabila bapak-ibu menjumpai berita dengan judul provokatif, sebaiknya bapak-ibu mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda, dengan demikian, setidaknya Anda sebabagi pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang,’’ Jelasnya Babinsa.

 

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }