Wawasan Kebangsan Untuk Siswa Sekolah Dasar Sangat Setrategis

Sorong – Wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara harus terus ditumbuhkan di kalangan generasi muda khususnya pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), agar mereka dapat memahami, menghayati betul hingga mereka mampu mengamalkannya. Hal tersebut disampaikan Babinsa Kampung Batbiro Koramil 1704-04/Seget Koptu Yance, saat memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara kepada murid-murid SD Negeri Monoket Kabupaten Sorong, Rabu (05/11/2018).

Pada kegiatan tersebut Koptu Yabce memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SD materinya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD. Yaitu, dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya.

“Selain itu bisa juga dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, dan sopan santun. Selain itu juga bisa dengan giat belajar sebagai bagian dari perjuangan adik-adik siswa-siswi sekolah dasar,” jelasnya.

Menurut Yance, dengan penyampaian materi kebangsaan, diharapkan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan. Nantinya, siswa dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia berpesan kepada siswa-siswi agar selalu rajin belajar, berlaku sopan kepada orang tua, guru dan kepada siapapun juga.

“Saya minta kepada para siswa untuk mengurangi waktu bermain. Waktunya digantikan pada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat antara lain mengaji, belajar sore dan membantu orang tua,” ujarnya.

 

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }