Swasembada Pangan Nasional, Babinsa Pos Aimas Bersama Kelompok Tani Melaksanakan Perawatan Tanam Padi

Sorong – Untuk mensukseskan program swasembada pangan Nasional, Babinsa Pos Aimas Koramil 1802-01/Sorong Timur. Di pimpin Peltu Tugimin bersama 3 anggota Babinsa melaksanakan perawatan tanaman padi, pembersihan rumput dilahan ketahanan pangan milik Kodim 1802/Sorong di Kabupaten Sorong, Rabu (03/01/2019).

Swasembada pangan adalah suatu program yang digalakkan oleh pemerintah RI dan salah satu komoditi yang sangat di unggulkan pada program ini adalah padi, jagung dan kedelai. Dalam pendampingan tersebut babinsa membantu petani melakukan pencabutan rumput yang tumbuh disekitar tanaman padi di lahan milik Kodim 1802/Sorong  Kabupaten Sorong.

Sementara, Danramil 1802-01/Sorong Timur Mayor Inf Triyana S.Pd.I M.Pd.I mengungkapkan, tanaman padi tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya adalah dengan pengendalian rumput dan tanaman pengganggu tanaman padi. Ini mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman padi. “Ini dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat,” jelasnya.

Peltu Tugimin menambakan, rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat. Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

Kegiatan seperti ini di sambut baik  oleh petani, hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput dan menyulami tanaman padi yang tidak tumbuh terlihat sangat semangat walupun panas matahari  sangat terik dan menyengat.

 

Mungkin Anda Menyukai

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }