Kasdam XVIII/Kasuari: Apter Harus Selalu Ramah dan Sopan Santun Terhadap Rakyat

Sorong. kasuari18-tniad.mil.id – Brigjen TNI Ferry Zein sebagai pejabat baru Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari didampingi Wakil Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Pengurus Daerah (PD) XVIII/Kasuari Ny. Silvi Ferry Zein dan beberapa pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Jumat (24/1/2010) mengunjungi Kota Sorong, Papua Barat untuk melihat dari dekat sekaligus bertatap muka langsung dengan para Prajurit, PNS dan ibu-ibu Persit KCK satuan jajaran Kodam yang berada di Kota/Kabupaten Sorong.

Kunjungan kerja (Kunker) perdana Kasdam XVIII/Kasuari ini ke Markas Korem 181/Praja Vira Tama, Yonif RK 762/Vira Yudha Sakti, Denzipur 13/Pawbili Pelle Alang, dan Kodim 1802/Sorong.

Pertama kali, Brigjen TNI Ferry Zein dan rombongan mengunjungi Markas Korem 181/PVT untuk melihat langsung kondisi Satuan Komando Kewilayahan tersebut. Selanjutnya, menuju ke Mako Yonif  Raider Khusus (RK) 762/VYS dan memberikan pengarahan kepada warga Korem dan Yonif.

Dalam pengarahannya Kasdam Brigjen TNI Ferry Zein menyampaikan bahwa Korem 181/PVT dan Yonif RK 762/VYS adalah bagian dari Kodam XVIII/Kasuari, yaitu Kodam baru, yang  baru berumur 3 tahun. Memang masih sangat muda usianya, jika dilihat dari waktu 3 tahun tersebut. Namun demikian, satuan di bawah Kodam XVIII/Kasuari tidak semua merupakan satuan baru, karena sudah ada sebelumnya saat masih di bawah Kodam XVII/Cenderawasih, seperti Korem 181/PVT (yang dulu bernama Korem 171/PVT) beserta 4 Kodim jajarannya dan Yonif RK 762/VYS (dulu Yonif 752/VYS) serta Denzipur-13/PPA.

“Tetapi saat ini Kodam XVIII/Kasuari sedang membangun dan sedang melengkapi satuan-satuan baru untuk memenuhi satuan di bawah Kodam, dimana ibarat tubuh manusia bahwa kepala ada di Kodam, dada dan perut ada di satuan Balak-Balak (Badan Pelaksana). Sedangkan kaki dan tangan ada di satuan Kodim-Kodim dan Batalyon,” ujar Kasdam XVIII/Kasuari.

“Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan dengan kondisi Kodam ini, yang diibaratkan sedang membesarkan kaki dan tangannya agar menjadi kuat. Untuk itu, perlu didukung bersama kebijakan Pimpinan TNI AD dan Pangdam XVIII/Kasuari di dalam membangun satuan yang baru, dimana pada awal tahun ini akan segera diresmikan 3 Kodim lagi, Korem 182, Brigif 26 dan Yonif 763 di Bintuni yang cikal bakalnya dari salah satu Kompi Yonif RK 762/VYS.  Dalam pelaksanaannya, semua Prajurit harus mendukungnya, termasuk mendukung kebijakan untuk mendatangkan personel BKO Kodim dan Koramil Persiapan dari berbagai Kotama jajaran TNI AD sebelum Kodam ini lengkap baik dari sisi satuan dan personelnya” sambungnya.

Di bagian lain Kasdam berpesan agar seluruh warga Kodam XVIII/Kasuari yang berada dan bertugas di Sorong, selalu menjaga kesehatan dan postur badannya, melalui pola makan yang bagus, olah raga dan istirahat yang proporsional.

“Syukuri rezeki yang diperoleh dari hasil jerih payah Prajurit, karena pendapatan Prajurit saat ini lebih bagus dari pada dulu. Selain itu, atur keuangan dengan bijak dan usahakan ditabung atau diinvestasikan pada hal-hal yang menguntungkan,” pesannya.

Usai dari Markas Komando (Mako) Yonif RK 762/VYS, Kasdam beserta rombongan menuju ke Mako Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 13/PPA. Di sana, kembali dilaksanakan acara tatap muka dan pengarahan untuk Prajurit Korps Zeni tersebut.

“Laksanakan Pembinaan Satuan (Binsat) dengan sebaik-baiknya. Parameter keberhasilannya bisa dilihat mulai dari disiplin yang baik, moril yang tinggi, jiwa korsa yang kuat, dan kecakapannya, baik pengetahuan maupun keterampilannya yang bagus. Meski sudah banyak alat-alat berteknologi tinggi seperti GPS (Global Positioning System), tapi Prajurit jangan lupakan keterampilan manual bernavigasi menggunakan kompas dan peta” kata Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein.

Usai pengarahan dilanjutkan dengan penanaman pohon kenangan oleh Kasdam di halaman Mako Denzipur 13/PPA. Selanjutnya rombongan menuju Markas Kodim 1802/Sorong. Di sana, kembali Kasdam memberikan pengarahan kepada warga Kodim.

Khusus kepada para Aparat Teritorial (Apter) di Kodim, Brigjen TNI Ferry Zein berpesan agar dalam melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial (Binter) harus selalu bersikap ramah tamah dan sopan santun terhadap rakyat.

Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. yang turut dalam rombongan Kunker tersebut, dalam rilisnya kepada media mengatakan, tujuan dilaksanakannya kunjungan perdana Kasdam XVIII/Kasuari didampingi Wakil Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, selain untuk memperkenalkan diri sebagai Kasdam XVIII/Kasuari dan Wakil Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari yang baru, setelah dilantik pada 10 Januari 2020 lalu, juga bertujuan untuk melihat secara dekat sekaligus berkomunikasi langsung dengan para Prajurit, PNS dan ibu-ibu Persit KCK yang berada di beberapa satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari di Kota/Kabupaten Sorong.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }