Pangdam XVIII/Kasuari : Terima Kasih Sudah Membantu TNI AD

Sorong Selatan. kasuari18-tniad.mil.id – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya sejak Selasa (2/6/2020) ke beberapa wilayah tugas Kodam XVIII/Kasuari di Provinsi Papua Barat, usai mengunjungi Kabupaten Kaimana dan Fakfak (2-3/6/2020), maka pada Kamis-Jumat (4-5/6/2020) Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P, M.Si. yang didampingi Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari Ny. Retno Ali Hamdan Bogra dan para pejabat militer di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari seperti Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Drajad Bima Yoga, S.I.P., M.H, Asops Kolonel Inf Sri Widodo, S.I.P., M.SI., M.Soc.Sc dan istri, Aster Kolonel Kav Susanto Dwi Asmara, S.H., Aslog Kolonel Kav Aloysius Nugroho, S.E., M.M. dan istri, serta Pabandya Lat Sopsdam Mayor Arh Riyanto Budi mengunjungi Kota Sorong, Kab. Sorong, Sorong Selatan (Sorsel), dan Maybrat. Selanjutnya pada Sabtu (6/6/2020) Pangdam dan rombongan kembali ke Makodam XVIII/Kasuari di Kabupaten Manokwari.

Di 1 kota dan 3 kabupaten tersebut, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra yang belum lama menjabat sebagai Pangdam XVIII/Kasuari ini, selain hendak bersilaturahmi dengan para pejabat TNI-Polri, Pemda dan para tokoh masyarakat di daerah tersebut, tujuan lain adalah untuk melihat langsung penyiapan dan kesiapan lahan/lokasi dari rencana akan dibangun dan diresmikan Markas Kodim di Kab. Sorsel dan Maybrat.

“Tujuan saya datang kesini yang pertama adalah melihat satuan yang akan diresmikan, sekaligus saya bersilaturahmi baik kepada Kapolres dan Bupati. Terima kasih sudah membantu kami, TNI AD, untuk mendapatkan lahan ini. Juga tokoh-tokoh masyarakat yang tadi sudah menyerahkan lahannya kepada kami, sehingga kami bisa membangun kebersamaan antara TNI dan masyarakat, Pemda, serta Polres setempat, untuk kita bisa hidup bersama dalam rangka menjaga Ketahanan Bangsa dan Keutuhan NKRI,” ucap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P, M.Si., saat berada di Sorong Selatan (Sorsel), Jumat (5/6/2020).

Lebih lanjut diungkapkan Pangdam bahwa tujuan kehadiran Satuan Teritorial (Kodim) di Sorsel adalah sama dengan sebagaimana didirikannya Satuan Teritorial di berbagai wilayah di Indonesia.

“Tujuannya yaitu melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) untuk Ketahanan Bangsa, dimana ada Kodim, disitu adalah tugasnya mengayomi masyarakat, bersama-sama dengan pihak Kepolisian menjaga kemanan lingkungan. Kemudian anak-anak disini diharapkan kalau masuk tentara tidak lagi jauh-jauh ke Sorong, bisa daftar di sini saja,” ujar Pangdam.

“Jadi kita harapkan juga, dengan adanya Kodim disini, anak-anak disini bisa direkrut melalui Kodim ini, sehingga bisa pulang, jadi Babinsa untuk jaga negeri ini, bantu orang tua, membangun Ketahanan Bangsa dan membangun daerah. Adapun untuk peresmiannya (peresmian Kodim) nanti akan diinformasikan lebih lanjut,” tambahnya.

Menanggapi penyampaian Pangdam tersebut, Bupati Sorsel, Samsudin Anggeluli S.E sangat mengapresiasi kunjungan Pangdam beserta rombongan ke wilayah Papua Barat, khususnya ke daerah Sorsel.

“Kami apresiasi bapak Pangdam sudah berkunjung ke wilayah Papua Barat dan hari ini sudah ada di Sorong Selatan. Pemerintah Daerah sudah menyiapkan lahan ini supaya segera dibangun dan sekarang sudah ada, sehingga dalam waktu dekat sudah bisa diresmikan dan bisa menjadi Kodim definitif di Kabupaten Sorsel. Kami sudah siapkan lahannya 10 hektar,” kata Bupati Sorsel.

Saat ditanya awak Pers tentang kesiapan waktu Pemda Sorsel terkait rencana peresmian Kodim tersebut, Bupati menyatakan siap kapan saja.

“Kami Pemda tinggal menunggu dari bapak Panglima dan akan kami koordinasikan selanjutnya,” ungkap Bupati Samsudin Anggeluli

Disambut Ketua Dewan Adat

Dalam kunjungannya kali ini, Pangdam XVIII/Kasuari dan rombongan juga mendatangi Mako Denzipur-13/PPA di Kabupaten Sorong dan melihat langsung kondisi markas dan alat peralatan Zeni Tempur yang ada di sana.

Selama kunjungan kerjanya di 1 kota dan 3 kabupaten ini, Pangdam dan rombongan juga mampir dan bersilarurahmi dengan para personel Polri, baik yang bertugas di Polres Kota Sorong maupun di Polres Kab. Sorsel.

Selain itu, Pangdam juga mengunjungi Koramil 1802-08/Teminabuan untuk melihat langsung para Prajurit yang bertugas di wilayah Sorsel tersebut. Di sini, rombongan disambut oleh Ketua Dewan Adat Suku Tehit, Mikail Momot S.Pd di depan Markas Koramil 1802-08/Teminabuan.

Sebelumnya, Kamis (4/6/2020), Pangdam XVIII/Kasuari beserta rombongan juga mengunjungi Mako Korem 181/Praja Vira Tama (PVT) yang disambut langsung oleh Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus. Disini digelar simulasi pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan, menjelang diberlakukannya “New Normal” pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) oleh personel gabungan TNI-Polri.

Selain itu, Mako Kodim 1802/Sorong dan Yonif Raider Khusus (RK) 762/Vira Yudha Sakti (VYS) juga tidak luput dari tinjauan Pangdam, Ketua Persit KCK dan rombongan pejabat dari Kodam XVIII/Kasuari ini. Dandim 1802/Sorong, Letkol Inf Budiman, S.E, M. Pol Han. dan Danyonif RK 762/VYS, Letkol Inf Charlie Clay L. Sondakh, SE beserta segenap Prajurit, PNS, dan ibu-ibu Persit KCK menyambut kedatangan Panglima mereka yang baru. Bahkan di Yonif RK 762/VYS Pangdam XVIII/Kasuari meninggalkan suatu pesan yang dibingkai dalam pigura untuk para Prajurit Tempur di satuan pemukul Kodam XVIII/Kasuari ini, yang berbunyi “Berbuat yang Terbaik dan Profesional dalam Bidang Pertempuran. Jadilah Prajurit Sejati yang Taqwa”.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }