Minggu Militer, Prajurit Kodam XVIII/Kasuari Melaksanakan Penyegaran Permildas

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Pada minggu militer yang berada di minggu keempat di Bulan Juli 2020 ini, para Prajurit Kodam XVIII/Kasuari disegarkan kembali pengetahuan sekaligus kemampuannya dengan latihan dalam hal Peraturan Baris Berbaris (PBB). Latihan PBB yang digelar pada Rabu (29/7/2020) di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat ini dipimpin oleh Pabandyalat Sopsdam XVIII/Kasuari, Mayor Arh Rianto Budi Nugroho, dengan menggunakan Prajurit Yonif 761/Kibibor Akinting sebagai peraga.

Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Zubaedi, S.Sos., M.M., dalam rilisnya menyebutkan, materi PBB yang diajarkan diantaranya bagaimana gerakan di tempat dan berpindah tempat, penghormatan menggunakan senjata dan tanpa senjata secara perorangan dan berkelompok (regu dan peleton), yang dilanjutkan dengan tata cara serah terima jaga kesatriaan.

“Pada dasarnya latihan ini adalah untuk membentuk jiwa keprajuritan yang berdisiplin tinggi, yang salah satunya adalah melalui pelajaran dan kegiatan baris berbaris,” kata Zubaedi.

“Latihan PBB memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk dapat memahami bagaimana sikap dan gerakan dalam baris berbaris yang benar, penghormatan yang benar atau pun dalam melakukan gerakan secara perorangan dan kelompok, baik di tempat maupun dalam berpindah tempat, yang semua itu menuntut konsentrasi dan kedisiplinan yang tinggi, baim secara pribadi maupun dalam hubungan kelompok,” sambungnya.

“Dalam hubungan kelompok, tentunya pada saat pemimpin pasukan sedang memberikan aba-aba persiapan, si pelaku tidak boleh melakukan gerakan apapun sebelum aba-aba pelaksanaan dari yang memimpin. Disinilah perlunya konsentrasi secara bersamaan, baik dari orang yang dipimpin maupun si pemimpin, pasukan,” tutupnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 100; var RightBannerW = 100; var LeftAdjust = 10; var RightAdjust = 10; var TopAdjust = 80; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }