Aksi Dan Festival Hijau Tahun 2017

Sorong – Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono,M.A, yang di wakili oleh Kapten Inf Riyadi menghadiri kegiatan Aksi Dan Festival Hijau Tahun 2017 dan dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Sorong Yulian Kely Kambo S.T, S.E, Letda Inf M Makmun, Kompol Chandra, para Pelajar dan Pramuka serta masyarakat Sorong, yang bertempat di Kanal Km 8 s/d Bandara DEO, Sorong-Papua Barat, Jumat (03/11/17).

Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara    konseptual dalam menangani krisis Iingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program Nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.

Tujuan acara Penghijauan ini adalah untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas co2, (carbon dioksida) dan polutan lainnya, mencegah banjir, dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetic tanaman hutan akibat kebakaran dari dampak  kekeringan  yang berkepanjangan. Tujuan diatas dikaitkan juga dengan mewujudkan pembangunan Indonesia yang bersih.

Akan tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut diatas  tidaklah  semudah  membalikkan telapak tangan, sehingga harus ada kepedulian yang tinggi dari diri sendiri, dengan mewujudkan kesadaran menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.Oleh karenanya, sangat diharapkan kegiatan penghijauan ini dapat dijadikan sebagai momentum guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah saat ini dan membantu mengatasi permasalahan bangsa yaitu menurunnya sumber daya genetik tanaman hutan.

Dalam kegiatan ini untuk menjadikan lahan hijau di Sorong sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika dan peresapan air hujan. Untuk itu diharapkan dengan adanya acara penghijauan ini, dapat memberikan motivasi dalam membangun kesadaran dan Semangat masyarakat yang berada di Kota Sorong, agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya. Kegiatan ini juga dengan melaksanakan pembersihan sampah pada Kanal, Melepas 1000 benih ikan Nila yang diharapakan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Posting Terkait


scholl php shell online