Apel Gabungan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif Dan Presiden Tahun 2019

Manokwari – bertempat di lapangan Makodam XVIII/Kasuari dilaksanakan kegiatan Apel Gabungan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di wilayah Kodam XVIII/Kasuari. Kegiatan tersebut diikuti oleh personil Kodam XVIII/Kasuari, Kodim 1801/Manokwari, Fasharkan TNI AL Manokwari, Polda Papua Barat, Basarnas Manokwari, Polisi PP Kab.Manokwari, PMI Kab.Manokwari dan beberapa instansi lainnya sebanyak 1.500 orang, Jumat (25/01/2019).

Kolonel Inf Wempi Ramandei sebagai pengambil apel saat itu menyampaikan bahwa Pemilu yang demokratis, bermartabat, berkualitas, damai dan aman merupakan keinginan seluruh bangsa Indonesia, terlebih lagi pada tahun 2019 akan memasuki tahun politik berupa Pemilu Legislatif dan Presiden. Di wilayah Papua Barat eskalasi politik sangat dinamis dan memiliki tensi relatif tinggi serta sangat rawan terjadi gesekan sehingga perlu langkah antisipasi dan menuntut standar kemampuan serta keterampilan personel satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari agar senantiasa memiliki kesiapsiagaan operasional setiap saat terutama dalam melaksanakan operasi pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden.  Salah satu upaya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan tersebut adalah dengan melaksanakan latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antar instansi baik penyelenggara Pemilu Legislatif dan Presiden serta unsur pengamanannya. Pelaksanaan latihan mulai tanggal 25 Januari s.d. 12 Februari 2019 dengan memberikan beberapa pembekalan dan latihan yang disimulasikan dengan beberapa ancaman dan gangguan dalam Pemilu kepada seluruh pelaku latihan.

Mungkin Anda Menyukai