Bintara Pembina Desa Koramil Merdey Bantu Petani Tomat

Manokwari – Tanggungjawab mengawal/mendampingi pertanian di wilayah binaan merupakan perintah komando atas yang harus dilaksanakan oleh para Babinsa di wilayah binaannya. Seperti halnya Babinsa Koramil 1703-03/Merdey Serka Deni dan Praka Aser Gampa, yang melaksanakan pendampingan dalam proses perawatan tanaman tomat bertempat di Kampung Meyado, Dist. Merdey, Kab. Teluk Bintuni, Papua Barat, Senin (12/06/2017).

Hari ke- 17 Puasa Serka Deni dan Praka Aser Gampa tetap semangat melaksanakan pendampingan dalam proses perawatan tanaman tomat di lahan milik Bapak Jauhari yang merupakan salah satu petani penghasil tomat di Distrik Merdey. Kegiatan tersebut dimulai dari pencabutan rumput liar yang tumbuh disekitaran tanaman tomat hingga pemasangan tiang penyangga tomat agar batang tomat tetap kuat dan tidak roboh.

Sektor pertanian sebagai tulang punggung ketahanan pangan menjadikan satu hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat, tingkat kebutuhan masyarakat yang relatif tinggi memaksa petani agar senantiasa menjaga dan merawat tanamannya dengan baik agar mencapai target yang dibutuhkan dan dapat menjaga stabilitas harga pasar.

Di lapangan, kehadiran Babinsa dalam program ketahanan pangan akan menjadi motivator dan pendorong bagi petani dan kelompok tani, lebih dari itu, kehadiran Babinsa juga menjadi pemicu serta pemacu bagi para penyuluh dan petugas pertanian di lapangan. Bahwa kehadiran Babinsa bukan untuk mengambil penyuluh, tetapi lebih ke arah sinergi langkah dan gerak dengan fungsi dan perannya masing-masing guna mendinamisasi pembangunan pertanian di pedesaan.

Bapak Jauhari selaku pemilik lahan menuturkan Terimakasih kepada Koramil 1703-03/Merdey, Suatu kebanggaan tersendiri ketika seorang petani mendapat perhatian khusus dari Bapak Babinsa, karena hal tersebut dapat membantu kami dan menjaga semangat kami dalam bertani, semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan semoga Tuhan selalu memberkati.

Posting Terkait