Bulan Ramadhan Momentum Merekatkan Keberagaman

Kegiatan Buka Puasa Bersama Koarmada III di Pimpin oleh Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E, M.M., dan di Hadiri oleh Komandan Korem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono M.A Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., sejumlah pejabat Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda dan Ormas, Selasa (28/05/2019).

Komando Armada III (Koarmada) III menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Barat, Kabupaten dan Kota Sorong, sejumlah komponen masyarakat lainnya seperti Forum Kerukunan Umat Beragama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan berbagai organisasi kemasyarakatan di gedung serba guna Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (27/5).

Dalam pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah / 2019 Masehi, TNI AL mengambil tema ”Dengan Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan Tahun 1440 H / 2019 M, Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Prajurit serta PNS TNI Angkatan Laut Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”. Menurut Pangkoarmada III bahwa melalui tema ini juga, Koarmada III berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  Provinsi Papua Barat, Kabupaten dan Sorong Kota guna mendukung terwujudnya Papua Barat yang maju, aman dan damai.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E, M.M., dalam sambutannya mengajak semua pihak menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk mantapkan niat dalam meningkatkan soliditas dan solidaritas, merekatkan keberagaman, menyelaraskan perbedaan-perbedaan ke dalam sebuah orchestra kehidupan, yang mampu menghasilkan alunan melodi indah dengan nada-nada, kedamaian, kerukunan, kesejukan, kebersamaan, saling toleransi, ketenangan, saling tenggang rasa dalam silahtuhrahim kebangsaan yang harmonis. “Jangan biarkan diri kita ini terprovokasi oleh hal-hal yang destruktif, provokatif, saling fitnah, saling menyakiti dan adu domba,” tegasnya.

Menurut Pangkoarmada III bahwa selain semboyan  Jalesveva Jayamahe (Justru di Laut Kita Jaya), Ghora Vira Madya Jala (Ksatria Perkasa di Tengah Lautan), Koarmada III juga memiliki tag line yaitu “Merekatkan Keberagaman Dalam Kebersamaan”, hal ini didasari oleh kesadaran bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman dan banyak perbedaan-perbedaan seperti 5 agama 714 suku, ribu-an bahasa daerah, adat istiadat, 17.499 pulau dan berbagai perbedaan lainnya.

“Ke depan mari kita semua saling menjalin silahturahim dalam mengisi pembangunan sesuai dengan peran kita masing-masing. Mari kita seimbangkan tiga dimensi komunikasi kita melalui; Pertama, komunikasi dengan Tuhan: melaksanakan ajaran agama dengan baik penuh kasih, saling toleransi dan menjahui apa yang menjadi larangan-laranganya. Kedua, komunikasi dengan sesama manusia: dengan melaksanakan silahturahim dengan sesama manusia tanpa membedakan suku, Ras dan agama memupuk kebersamaan dalam menjalani kehidupan yang penuhn kasih dan kedamaian. Ketiga, komunikasi dengan alam : turut berperan menjaga keseimbangan ekosistem dan merawat seisi alam dengan baik serta memanfaatkannya secara proporsional,” ujarnya.

Buka Puasa Bersama yang diselenggarakan Koarmada III tersebut dihadiri sejumlah pejabat antara lain, Acara diawali penyerahan Tali Asih oleh Pangkoarmada III kepada Anak Yatim kemudian dilanjutkan ceramah Ramadhan disampaikan oleh Ketua PHBI Kota Sorong Ustadz Suryadi, S.Ag., dilanjutkan buka puasa bersama.

Mungkin Anda Menyukai