Danramil Sorong Timur Deteksi Dini Radikalisme Pencegahan Terorisme Bagi Masyarakat

Sorong – Dalam rangka deteksi dini permasalahan yang ada diwilayah Kab. Sorong. Pemerintah Kab. Sorong bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Papua Barat menggelar Peningkatan pemahaman tentang penanganan paham radikalisme dan teroris bagi masyarakat di Auditorium Hotel Aqurius Kab. Sorong, Kamis (30/08/2018).

Pada Kesepakatan tersebut Mayor Inf H. Triyana, S.Pd.I M.Pd.I, selaku Danramil 1704-01/Sorong Timur menyampaikan materi deteksi dini radikalisme pencegahan terorisme bagi masyarakat. Deteksi dini sangat penting dilakukan untuk mewujudkan keamanan lingkungan sebagai titik awal Keamanan nasional, dan tidak ada stabilitas nasional kalau tidak ada stabilitas lingkungan. Terorisme merupakan bagian dari penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Oleh karena itu, perlu ada upaya pencegahan agar ruang geraknya menjadi sempit dan tidak menjadi berkembang.

Menurut Danramil 1704-01/Sorong Timur Mayor Inf H. Triyana, S.Pd.I M.Pd.I, mengatakan, ciri-ciri orang yang terpapar paham radikal diantaranya mendadak anti sosial atau tidak mau membaur, dan menunjukkan sikap perbedaan dari ulama moderat. Karakteristik kelompok Islam radikal perlu diwaspadai karena berada di sekitar lingkungan kita. Dan karena saat ini pasukan ISIS telah terdesak oleh kaum milisi di Suriah sehingga beberapa kasus yang terjadi Indonesia merupakan seruan untuk melakukan aksi teror.

“Upaya yang dilakukan aparat keamanan dalam menghadapi aksi radikalisme dan terorisme yaitu pencegahan, deradikalisasi, upaya hukum, propiling atau pemetaan potensi ancaman, meningkatkan kepekaan lingkungan masyarakat, waspadai orang atau kelompok  yang berpikiran radikal, memaksimalkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), mengingatkan dan mencegah jika menemukan adanya potensi ancaman aksi radikal atau teror,” jelas Mayor Inf H. Triyana, S.Pd.I M.Pd.I.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Bupati Sorong diwakili Asisten 3 Kab. Sorong, Kapolres Sorong, Kakesbangpol Kab. Sorong, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat Wilayah Kab. Sorong.

 

Mungkin Anda Menyukai