Gotong Royong Implementasi Bidang Pembangunan

Sorong – Sebagai prajurit TNI AD yang bertugas di Komando Rayon Militer (Koramil), Bintara Pembina Desa (Babinsa) punya peranan penting terhadap kemajuan desa binaannya. Seperti yang dilakukan Anggota Koramil 1704-08/Misool melaksanakan gotong royong bersama warga membersihkan jalan poros di Kampung Manelek Kabupaten Raja Ampat, Kamis (31/05/18).

Gotong royong merupakan contoh implementasi keikutsertaan dalam bidang pembangunan. Gotong royong sendiri juga dapat diartikan sebagai bentuk kerjasama antara sejumlah orang/warga masyarakat dalam kehidupan sosial untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama. Sikap gotong royong perlu dipupuk sejak dini dan gotong royong merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat Indonesia. Salah satu semboyan yang mendeskripsikan dari gotong royong adalah “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Kegiatan gotong royong ini dilaksanakan agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan dan Kampung itu sendiri. Sehingga masyarakat selalu peka terhadap apa yang menjadi tanggung jawab dalam menjaga kampungnya sendiri.

Mungkin Anda Menyukai