Hindari Gagal Panen, Babinsa Intens Memantau Tanaman Padi

Sorong -Babinsa Koramil 1704-14/Beraur jajaran Kodim 1704/Sorong Serda Suratno bersama petani melaksanakan kegiatan pendampingan memantau perkembangan padi dan hama, yang diperkirakan 1 minggu kedepan siap dipanen di Kampung Malais Distrik Klamono Kab. Sorong, Selasa (24/04/18).

Babinsa Serda Suratno melaksanakan Pemantauan dan pengecekan padi yang sudah menguning bersama petani di Sawah Kampung Malais. Luas lahan Cetak Sawah tahun 2017 di Kampung Malais Distrik Klamono seluas 59 hektar, yang sudah ditanami 54 ha. Sedangkan yang belum ditanam ada 5 ha karena lokasi lahannya yang terletak ditengah-tengah hutan. Direncanakan dalam waktu 1 minggu kedepan siap melaksanakan Panen Padi Perdana hasil cetak sawah tahun 2017 seluas 4 hektar.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena merupakan tugas pokok dan UPSUS pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya, Upaya Babinsa ini merupakan terobosan baru dalam usaha pendampingan.

Dari mulai pembukaan lahan sampai berisi buah, selalu mendapat perhatian dikarenakan apabila terjadi kendala atau hama yang menyerang maka sedini mungkin bisa di atasi sehingga pertumbuhan padi tidak terhambat yang berdampak pada hasil panen.

Sebab itu, Babinsa akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum seratus persen selesai.

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Serda Suratno adalah wujud dari terlaksananya kegiatan hanpangan nasional yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan pendampingan secara terpadu kepada para petani di kampung binaan masing-masing.

Posting Terkait