Ingatkan Masyarakat Tentang Sejarah, Kodim 1703/Manokwari Gelar Nobar Film G 30 S/PKI

Manokwari – Dalam rangka mengingatkan masyarakat akan sejarah, Kodim 1703/Manokwari melaksanakan Kegiatan Nonton Bareng film G30S/PKI   bersama masyarakat di Aula Makodim 1703/Manokwari Distrik Manokwari Barat Kab. Manokwari Prov. Papua Barat, Jumat (22/09/2017).

Kegiatan nonton bareng tersebut dimulai pukul 17.00 WIT yang diikuti prajurit dan masyarakat sebanyak 250 orang terdiri dari anggota Kodim 1703/Manokwari 60 orang, KBT 55 orang, Pramuka 85 orang dan masyarakat 50 orang. Acara tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 1703/Manokwari Mayor Inf Budi Hercahyono.

Pemutaran film G30 S/PKI merupakan perintah langsung Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Tujuannya agar masyarakat mengetahui sejarah bahwa pernah terjadi pergerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang ingin merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1965. Dengan menonton film G30S/PKI, masyarakat pun bisa memiliki kewaspadaan jika PKI ingin eksis sebagai bahaya laten yang dapat merusak keutuhan dan tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemutaran film ini sekaligus juga mengingatkan kita akan Sejarah Kesaktian Pancasila dimana Pancasila telah berulangkali berusaha untuk digulingkan dan diruntuhkan namun sampai saat ini Pancasila tetap berdiri kokoh dan menjadi dasar Ideologi Negara yang sangat hakiki dalam mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia.

“Nonton bareng film ini merupakan sebagai pelajaran bagi generasi muda dan masyarakat, sebab pengkhianatan G 30 S/PKI ini sudah kejadiannya sudah 52 tahun yang lalu. Selain itu pemutaran film ini untuk mengetahui banyak nilai sejarah yang berguna bagi seluruh anak bangsa, khususnya para generasi muda.” Ujar Mayor Inf Budi Hercahyono.

Posting Terkait


scholl php shell online