Kupang Maggi (Taruh Harta) Guna mendukung Konferensi II Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak

Fakfak – Bertempat di Kantor Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak telah dilaksanakan acara Kupang Maggi (Taruh Harta) dalam rangka mendukung terselenggaranya Konferensi II Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak tanggal 20-25 November 2017, yang dipimpin olah Ketua Dewan Ada Mbaham Matta Fakfak sdr. Sirzet Gwasgwas, Wakil Ketua I sdr. Safei Yarkuran, S.Sos, Wakil Ketua II Sdr. Jeremias Tuturop, Wakil Ketua III sdr. Simon Hindom, AKBP Gazali Ahmad, S.Ik, M.H, (Kapolres Fakfak) Pengurus dan Staf Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak, Ketua Panitia sdr. Alfa Rohrohmana, Para Tokoh Adat, Kepala Suku, Kepala Marga, Todat, Tomas, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan undangan sebanyak ± 30 orang, Sabtu (18/11/2017).

Prosesi Adat yang dipimpin oleh Jubair Houbrow (Ketua Pengadilan Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak), dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak Bpk. Sirzet Gwasgwas dimana beliau mengucapkan terimakasih kepada Tokoh tokoh adat, panitia dan seluruh masyarakat adat Kabupaten Fakfak yang turut andil dalam kelancaran kegiatan Kupang Maggi / Taruh Harta.

Tujuan diadakan kegiatan Nannan Maggi/Kupang, Maggi/Taruh Harta di kantor Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak adalah untuk mengundang instansi pemerintah, lembaga non pemerintah dan para suku kerabat non Papua yang berdomisili di Fakfak untuk dapat hadir dan mengambil bagian dikegiatan ini guna terselenggaranya Konferensi Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak ke-II tanggal 20-25 November 2017.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa kami melalui panitia penyelenggara meminta dukungan dari masyarakat baik berupa hasil kebun berupa keladi, pisang dan sayuran untuk mendukung kegiatan ini, untuk itu saya mewakili Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada masyarakat yang telah turut serta mensukseskan kegiatan ini.

Di tempat yang sama Kapolres Fakfak Akbp Gazali Ahmad, S.Ik, M.H juga menyampaikan ucapan terimakasih atas undangan dari Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak, saya hadir disini sebagai anak adat Fakfak.

Kapolres juga menyampaikan kegiatan adat Kupang Maggi/Nannan Maggi (Taruh Harta) perlu dilestarikan karena merupakan warisan leluhur dan sangat mencerminkan nilai nilai adat secara tidak langsung dapat menjalin silaturahmi antar sesama warga masyarakat tanpa memandang Suku, Ras dan Agama.

Pelaksanaan Nannan Maggi/Kupang Maggi/Taruh Harta dimana para undangan datang di kantor Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak menaruh sejumlah uang didalam tomang yang berbentuk kotak (Salola) dan kemudian setelah menaruh uang/harta dan berjabat tangan, dan dilanjutkan dengan acara Mehak (Minum Kopi Bersama) yang melambangkan Kekeluargaan dan Kebersamaan.

Posting Terkait