Membentuk Karakter Melaui Pembinaan Pramuka

Manokwari – Dalam rangka membentuk karakter melalui sikap kedisiplinan dan rasa cinta terhadap tanah air kepada siswa yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika kodim 1703/Manokwari yang dilaksanakan oleh satuan bawah Koramil 1703-03/Merdey melatih PBB dan materi dasar kepramukaan bagi Siswa-siswi SMP Perintis Vasco Dannem Distrik Mayado kabupaten Teluk Bintuni, Senin (17/09/2018).

Selain Peraturan Baris Berbaris (PBB) diantaranya penghormatan, gerakan ditempat ataupun berjalan, Babinsa juga mengajarkan materi dasar pramuka meliputi Krida dalam Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navrat, Krida Pioneer, krida Mountenering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

Tujuan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan materi dasar Pramuka untuk Siswa siswi sekolah adalah Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas umum dari pada kepentingan individu, dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa. Dengan begitu banyak hal positif yang bisa diambil dari pembelajaran Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan materi dasar Pramuka.

Dengan kondisi jiwa bagi usia remaja yang selalu ingin tahu sudah barang tentu sudah menjadi tugas bagi Babinsa untuk mengarahkan ke tujuan positif untuk membekali siswa dalam kehidupan yang mandiri.

Pelatihan dan pembekalan sangat diperlukan untuk membentuk karakter bagi siswa untuk membentengi diri terhadap pengaruh lingkungan agar terbentuk generasi muda yang tangguh dan mandiri sebagai sumber kekuatan bangsa Indonesia.

Kami dan Koramil 1703-03/Merdey mempunyai hubungan yang baik dan selama ini kami saling bekerja sama dan saling membantu , termasuk saat ini Babinsa Serda Doni Permadi yang melatih dasar ke pramukaan dan memberikan latihan dasar PBB serta pembekalan tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.” Ungkap ibu Sarwati seorang guru SMP Perintis Vasco Dannem.

Mungkin Anda Menyukai