Mengenang Para Pahlawan Bangsa Yang Telah Gugur

Sorong – Peringatan Hari Pahlawan  tahun 2018, dilaksanakan Ziarah di TMP Tri Jaya Sakti dan dilanjutkan dengan Ziarah Laut dengan pimpinan ziarah TMP Kapolres Kota Sorong AKBP. Mariochristy P . S . Siregar, dan Ziarah Laut di pimpin  Kas Armada III Laksma TNI Dadi Hartanto M. Tr. Hanla., dihadiri oleh Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono M.A., Walikota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, Danlantamal XIV Laksma TNI Rahmad Jayadi, M.Tr (Hanla), Para Dansat dan Kabalak aju Korem 171/PVT, para Asisten Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong, Kasad Satpol PP Kota Sorong Daniel Jidmau SH. MM, Kepala dinas perhubungan Kota Sorong Bpk. Wilhelmus Asmuruf, Tokoh Adat,tokoh agama, tokoh Masyarakat dan Para feteran kota Sorong bertempat di Taman Makam Pahlawan Tri Jaya Sakti Jl. Pahlawan HBM dan Koarmada III, Sorong-Papua Barat, Sabtu (10/11/2018).

Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa   lndonesia   memperingati  Hari  Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Pelaksanaan Ziarah ini juga dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan Nilai Kepahlawanan sebagai modal sosial untuk kemudian diimplementasikan dan didayagunakan dalam mengatasi berbagai masalah bangsa, sehingga semangat Kepahlawanan seperti cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong dan sebagainya menjadi sumber motivasi dan modal sosial untuk mengatasi berbagai masalah sosial tersebut dan sekaligus memacu guna mewujudkan keinginan dan harapan bersama.

 

Mungkin Anda Menyukai