Pangdam Beserta Prajurit Kodam XVIII/Kasuari Melaksanakan Ibadah Perayaan Hari Paskah

Manokwari – Paskah yang diperingati oleh umat Kristiani di berbagai dunia sebagai pengampunan umat Kristiani kepada Tuhan yang telah rela meninggalkan dunia ini hanya demi umatnya. Biasanya perayaan Paskah dirayakan di seluruh dunia mulai dari berbagai kegiatan, ibadah perayaan dan acara Jumat Agung. Sama halnya pada Natal juga dirayakan sama dengan Paskah pada satu tahun sekali.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, Ny. Istriyani Wayangkau, Irdam, Asren, Aspers, Kabintal, Kaajen, para pejabat lainnya, Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari serta masyarakat yang beragama Kristen sekitar Arfai melaksanakan ibadah perayaan hari Paskah pada 19 April 2019 pukul 09.00 WIT di gereja Ebenhaezer Arfai I.

Pada ibadah kali ini dipimpin langsung oleh Pdt. Alex Wengge, S.SI dengan tema “Pengorbanan Yesus Karena Suatu Tanggung Jawab”. Pdt. Alex mengingatkan kembali kepada umat, bahwa salah satu hari besar umat Kristiani yaitu Hari Paskah mengandung makna yang sangat hakiki dalam kehidupan iman umat Kristani sebagai insan hamba Tuhan yang percaya kepada-Nya untuk menghayati dan merenungkan betapa besar, agung dan mulianya pengorbanan Sang Juru Selamat yang dengan rela mati dan disalibkan untuk menebus dosa umat manusia.  Oleh sebab itu, Ia mengajak para prajurit yang hadir untuk tidak hanya mengartikan Paskah yang erat dengan perjalanan sengsara salib dan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian itu secara seremonial saja, hanya menghadiri dan mengikuti kegiatan ibadah, namun lebih dalam dari pada itu dengan mengajak  para prajurit sebagai aparat negara yang mengemban tugas tidak mudah dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara ini, kiranya dapat mengambil arti dan teladan yang telah Yesus berikan, agar memiliki kerelaan berkorban dengan tulus menjalankan tugas pengabdian sesuai dengan tuntunan iman yang diyakini sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara sekaligus kepada Tuhan Yang Maha kuasa.

Kabintaldam XVIII/Kasuari Kolonel Caj Rudi Herman Marentek, S.Th menyampaikan pembinaan rohani bagi prajurit yang dilaksanakan melalui peringatan hari besar agama diharapkan dapat dijadikan wahana untuk meningkatkan kesadaan dan ketahanan mental. Pemahaman dan penghayatan yang sungguh pada ajaran agama akan menciptakan pribadi prajurit yang memiliki keunggulan akhlak/moral yang akan tercermin dalam sikap perilaku dan pelaksanaan tugas yang baik.

Posting Terkait