Pangdam XVIII/Kasuari menghadiri Upacara Pembukaan PORAD VIII Tahun 2018

Kodam XVIII/Kasuari mengikuti kegiatan PORAD (Pekan Olah Raga Angkatan Darat) ke-8 Tahun 2018 dimana pelaksanaan upacara pembukaan yang diselenggarakan di Akademi Militer Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah pada hari Sabtu 21 Juli 2018 pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau.

Upacara Pembukaan PORAD VIII Tahun 2018 juga dihadiri oleh pejabat di jajaran TNI AD yaitu seluruh Pangkotama, Danjen Kopassus, Danpus Penerbad, Danpus Pomad, Danseskoad, para Asisten Kasad, Gubernur Akmil, Kaskostrad, Kapuskesad, Kasahli Kasad, Danpussenif, Danpusarhanud, Danpusarmed, Kadislitbangad, Kadispsiad, Kadispenad, Wagub Akmil, Danrem 072, Dirajenad, Dirbekangad, Dirziad, Dirkumad, Dirdik Kodiklat, Dirkuad dan seluruh pejabat Akmil.

Komandan Kontingen (Dankontingen) Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Taufik Hanafi memimpin tiap-tiap Cabor (Cabang Olahraga) untuk merebut medali emas yang diharapkan mampu menjadikan Kontingen Kodam XVIII/Kasuari keluar sebagai juara umum dan dapat mengharumkan nama Kodam XVIII/Kasuari yang merupakan Kodam baru di jajaran TNI AD.

Pada kesempatan Upacara Pembukaan PORAD VIII Tahun 2018, amanat Kasad yang dibacakan oleh Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman sbb :
Porad merupakan kegiatan yang bertujuan sebagai sarana pembinaan dan ajang seleksi Atlet TNI untuk persiapan mengikuti event kejuaraan olahraga umum Piala Panglima TNI, Kejurnas Karate dan Atletik Piala Panglima TNI, Kejurnas Tinju Kapolri Cup, Kejurnas Renang Piala Kasal dan event olahraga lainnya. Pelaksanaan PORAD VIII Tahun 2018 yang diselenggarakan di Akademi Militer dan sekitarnya kali ini, diikuti oleh 18 kontingen dari Kotama/Balakpus TNI AD serta meliputi 7 (tujuh) cabang olahraga yang terdiri dari atlelik, renang, bola voli, tenis lapangan, sepak bola, karate dan tinju.

Untuk itu, pekan olahraga ini juga dapat dijadikan sebagai ajang bagi para atlet TNI AD untuk uji tanding dan unjuk kemampuan serta memantapkan ketangkasan olahraga yang telah dilatihkan di lingkungan satuan masing-masing selama ini.
Melalui kesempatan ini pula, diharapkan  akan tercipta iklim kompetisi yang sehat diantara prajurit TNI AD, sehingga dapat memacu motivasi dan semangat untuk terus berprestasi, baik secara perorangan maupun satuan guna membentuk Postur Prajurit TNI Angkatan Darat yang memiliki jiwa sportivitas yang tangguh, pantang menyerah dan pada gilirannya dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan Tugas Pokok TNI AD.

Beberapa waktu yang lalu kita menyaksikan dengan bangga keberhasilan atlet Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, yang secara mengesankan telah menjuarai nomor lari 100 meter ajang atletik dunia kelompok umur U-20 (di bawah 20 tahun) yang digelar oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik di Tampere, Finlandia.
Sebagai wujud penghargaan atas prestasi tersebut, bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya, TNI AD merehabilitasi rumah tempat tinggal keluarga Lalu di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Upaya ini diharapkan dapat memotivasi Lalu dan seluruh atlet nasional lainnya untuk berlatih lebih keras dan mengukir prestasi lebih tinggi lagi.
Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa TNI AD memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk turut mendukung program pemerintah, khususnya di bidang olahraga dalam rangka membangun prestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Disisi lain, TNI AD juga menyadari bahwa olahraga merupakan wadah yang sangat tepat untuk membangun jiwa sportivitas, kejuangan, semangat pantang menyerah dan rela berkorban. Kesemuanya merupakan manifestasi dari nilai-nilai luhur bangsa yang saat ini semakin terkikis oleh kemajuan zaman.
Selain itu, melalui Pekan Olahraga Angkatan Darat ini, TNI AD juga berkeinginan untuk berpartisipasi aktif dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

Pada PORAD VIII Tahun 2018 ini saya harapkan dapat diselenggarakan secara profesional sebagai ajang kompetisi yang bergengsi sehingga dapat menjadi acuan atau benchmark bagi penyelenggaraan berbagai ajang kompetisi serupa di tanah air.
Pertama, bangunlah suasana kompetisi secara sportif dan berlombalah dengan prinsip kehormatan sebagai dasar.
Berkompetisi secara sehat, serta pererat jiwa korsa, persatuan dan kesatuan sesama prajurit maupun PNS TNI AD. Manfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya untuk bertanding secara sportif, jujur dan kesatria sehingga dapat dihindari terjadinya hal-hal yang dapat merusak kehormatan diri serta citra baik TNI AD.
Kedua, bersungguh-sungguhlah dalam mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan/dilombakan dengan dilandasi motivasi yang tinggi untuk meraih hasil terbaik sehingga dapat mengharumkan nama satuan di lingkungan TNI AD. Jadilah Atlet profesional sejati yang tidak jumawa apabila memeroleh kemenangan dan tidak akan pernah patah semangat apabila belum mendapat keberhasilan.
Ketiga, kepada panitia penyelenggara dan seluruh peserta agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan dengan menerapkan langkah-langkah yang cermat dan teliti serta prosedural, sehingga kejuaraan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar serta mampu menarik minat masyarakat.

Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Akademi Militer beserta seluruh civitas akademikanya dan panitia penyelenggara atas dedikasi sekaligus pengabdiannya dalam menyukseskan penyelenggaraan PORAD VIII Tahun 2018 di Akademi Militer.
“Selamat berjuang, jaga sportivitas dan raih prestasimu secara optimal.”

Upacara pembukaan diakhiri dengan defile tiap-tiap Kontingen PORAD VIII Tahun 2018 termasuk Kontingen Kodam XVIII/Kasuari dengan gagah, semangat dan penuh percaya diri sebagai calon juara PORAD VIII Tahun 2018.

Mungkin Anda Menyukai