Peduli Kesehatan, Ratusan Anggota Persit Cabang XIII Kodim 1704 Sorong Ikuti Penyuluhan Kanker Serviks

Sorong – Terkait deteksi dini kanker serviks, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIII Kodim 1704/Sorong Ny. Oci Andar D. Panggabean beserta seluruh anggota mengikuti Penyuluhan kesehatan yang diselenggarakan Komunitas peduli kanker serviks Indonesia, Sebagai Nara Sumber Bapak Untoro S.Kep, MM selaku penanggung jawab koordinator dan Bapak Harles sebagai pembicara bertempat di Aula Makodim 1704 Sorong, Senin (13/08/2018).

Pada penyuluhannya Bapak Harles menjelaskan Kanker Serviks merupakan salah satu kanker yang paling umum yang menegenai organ reproduksi wanita. Beberapa jenis human papilloma virus, suatu infeksi menular seksual, mempunyai peran penting dalam kebanyakan kasus kanker serviks. Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada serviks uterus, yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara Rahim dengan liang vagina.

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan sejumlah materi diantaranya faktor pemicu terjadinya kanker, gejala awal kanker pada Rahim yaitu kanker serviks, kanker endometrium dan kanker ovarium. Selain itu diberikan tips untuk menghindari , serta mencegah atasi kanker.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIII Kodim 1704 Sorong Ny. Oci Andar D. Panggabean mengatakan melalui penyuluhan ini, wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi akan lebih bertambah. Sehingga bisa mendeteksi secara awal tentang penyakit-penyakit yang berhubungan dengan reproduksi wanita, khususnya leher Rahim agar dapat mengambil tindakan cepat dan tepat, ucapnya.

Mungkin Anda Menyukai