Pentingnya Pengenalan Nilai-Nilai Pancasila Dan Lagu-Lagu Kebangsaan Kepada Anak-Anak Usia Dini

Sorong – Serka Suprihatin Babinsa Kelurahan Mariat Koramil 1704-01/sorong Timur Komsos Bersama guru TK dan mengajar menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan pengenalan tentang Pancasila kepada murid TK Aiysiyah Kelurahan Klasuluk Disterik Mariat. Pentingnya pengenalan nilai-nilai Pancasila dan lagu-lagu kebangsaan kepada anak-anak usia dini diharapkan pada saat mereka menginjak usia remaja rasa cinta tanah air, Bangsa dan Negaranya sudah tertanam dalam jiwanya, Selasa (06/11/18).

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut diantaranya tentang sejarah Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia, kemudian hari lahirnya Pancasila serta tentang hari kesaktian Pancasila. Pasa kesempatan tersebut anak-anak mendapat kesempatan untuk maju kedepan secara bergiliran mengucapkan Pancasila dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia secara tegas didepan teman-temannya.

Menurut Serka Suprihatin, pemberian materi disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat TK yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan kegiatan belajar sebagai bagian dari perjuangannya anak-anak usia dini.

“Materi ini sangat penting, mengingat sekarang masalah Wawasan Kebangsaan sudah mulai luntur di kalangan anak muda, untuk itu perlu diajarkan sejak dini, yaitu mulai dari anak-anak usia dini” katanya.

 

Mungkin Anda Menyukai