Rapat Anggota Tahunan Ke-1 Pusat Koperasi Kartika Kasuari Tutup Buku Tahun 2018

Manokwari – Bertempat Ruang Yudha Kodam XVIII/Kasuari digelar Rapat Anggota Tahunan ke-1 Pusat Koperasi Kartika Kasuari tutup buku tahun 2018 yang dibuka oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan dihadiri Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Dedi Sambowo, Ketua Umum Pusat Koperasi Kartika Kasuari Kolnel Czi Fahrizal Harris S.E, Danrindam, para Asisten, Kabalak dan Kepala Koperasi Primer jajaran Puskop Kartika Kasuari serta Kepala Dinas Perindagkop Prov Papua Barat Nico Tumewa, SH, beserta Stafnya, Selasa (14/05/2019).

Dalam sambutan Kepala Dinas Perindagkop Prov Papua Barat mengatakan bahwa Koperasi hanyalah sebagai wadah, tetapi yang paling pokok adalah kesejahteraan anggota Koperasi itu sendiri untuk diperhatikan, karena Koperasi ini adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita, sehinga bagaimana Koperasi itu menjadi lebih maju adalah tergantung dari anggota Koperasi itu sendiri. Oleh karena itu, pelaksanaan RAT ini adalah merupakan pertemuan forum komunikasi dan evaluasi serta pertemuan anggota Koperasi. Jangan diukur dari besar kecilnya sisa yang diterima, tetapi bagaimana memanfaatkan kegunaannya dalam membantu perekonomian anggota. Koperasi dapat maju harus mempunyai komitmen dan kesadaran anggota koperasi itu sendiri.

Sementara dalam sambutan tertulis Pangdam XVIII/Kasuari mengatakan bahwa Rapat Anggota Tahunan Puskop Kartika Kasuari merupakan forum untuk mengkaji dan mengevaluasi pertanggungjawaban pengurus dalam melaksanakan Program Kerja yang tertuang dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja tahun 2018. Hasil  kajian dan evaluasi tersebut, hendaknya digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki dan menyempurnakan Rencana Kerja dan RAB Puskop Kartika Kasuari tahun 2019.

Dalam rapat kali ini, diharapkan dapat pula diperoleh suatu hasil pembahasan yang lebih konkrit dari pelaksanaan tugas pada program tahun anggaran sebelumnya.  Hasil   evaluasi  tersebut kiranya dapat  digunakan sebagai pertimbangan untuk mendinamisasi pelaksanaan kegiatan tahun 2019. Puskop Kartika Kasuari merupakan organisasi fungsional di Kodam XVIII/Kasuari, yang mempunyai tugas pokok membantu satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan Prajurit dan PNS TNI beserta keluarganya.

Peran dan fungsi Badan Pemeriksa harus ditingkatkan agar diperoleh optimalisasi  pelaksanaan tugas sesuai dengan prinsip keterbukaan yang dianut Koperasi. Hendaknya disadari bahwa manajemen yang sehat, dinamis dan terbuka merupakan tuntutan mutlak bagi keberhasilan Koperasi karena Koperasi dibentuk dari, oleh dan untuk kepentingan anggota.

Mungkin Anda Menyukai