Rapat Koordinasi Kegiatan Pawai Kendaraan Dan Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1439 H

Fakfak – Dandim 1706/Fakfak menghadiri undangan PHBI rapat koordinasi dalam rangka pelaksanaan pengamanaan malam pawai takbir di Aula RRI Fakfak. hadir -/+ 20 orang, Senin (11/06/2018).

Hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut antara lain Dandim 1706/Fakfak( Letkol Inf Yatman, A.Md) Asisten III Pemda Fakfak( Drs. Suriyanto Muchramsyah, M.Si), selaku Ketua PHBI Kab. Fakfak, Kapolres Fakfak, diwakili oleh Kabag Ren Polres Fakfak ( Kompol Hasanuddin), Koorwil BIN wil Fakfak ( Kapt Arm Freddy Nainggolan), Dan unit Inteldim 1706/Fakfak ( Lettu Inf Zainudin), Dan Pos BAIS wil Fakfak (Pelda Hendro), Serta Panitia PHBI Kab. Fakfak.

Dalam rapat tersebut untuk menyamakan presepsi dalam pelaksanaan malam pawai takbir Idul Fitri 1439 H. Adapun penyampaian-penyampaian:

  1. Penyampaian Asisten III Pemda Fakgak Drs. Suryanto Muchramsyah selaku Ketua PHBI Kab. Fakfak. Yang intinya adalah, bahwa pada pelaksanaan Pawai takbir tahun ini dibagi 2 titik yaitu di kota Distrik Fakfak dan di kelurahan Danaweria Distrik Fakfak Tengah. Tentunya kita mengatur Route perjananan pawai Kendaraan yaitu dari star di Kampung Dulan pokpok Distrik Pariwari menju kota Fakfak dan melalui Route2 yang sdh kita tentukan, begitu juga yang ada di Kelurahan Danaweria.
  2. Penyampaian kapolres Fakfak yang diwakili oleh Kompol Hasanuddin, yang intinya ucapan hormat dan terima kasih Kepada Dandim 1706/Fakfak dan Ketua PHBI bahwa dalam pelajsanaan malam takbiran akan kita bagi dua, yaitu Ran Roda 4 dan Ran Roda 2, ini betul-betul di awasi dan diatur oleh personel Pengamanan agar dalam pelaksanaan pawai kendaraan dapat terlaksana dengan baik, hindari ucapan2 yang tidak sepantasnya diucapkan dalam pelaksanaan Pawai tersebut. Jangan ada yang membawa batu, Membawa petasan dan kendaraan Roda 2 yang memakai knalpot resing ini kita larang. Kegiatan pengamanan pawai takbir ini kami dibantu oleh saudara2 kami dari Kodim, Pom dan Dishub untuk pengamankan pelaksanaan pawai takbir. Dihimbau tidak ada kendaraan yang memakai kenalpot resing ini mengganggu ketertiban jalannya takbiran. Dalam pelaksanaan kegiatan sholat Idul Fitri tahun ini ada 4 tiktik yang harus betul2 kita amankan.
  1. Penyampaian Dandim 1706/Fakfak yang intinya. Rapat ini adalah kelanjutan apa yang telah dibahas pada rapat koord yang sudah dilaksanakan di Polres. Oleh karena itu hal-hal teknis seperti pengaturan route pawai takbir baik yang menggunakan kendaraan maupun pejalan kaki agar dibuat dan disebarkan melalui selebaran maupun diumumkan melalui RRI agar masyarakat tahu jelas titik kumpul dimana. Setelah itu larangan-larangan bagi masyarakat segera kita sosialisasikan juga seperti Penggunaan petasan, knalpot di potong dll yang sering menimbulkan insiden terjadinya keributan/memancing emosi. Kemudian juga agar siaga pihak kesehatan juga harus dilakukan terutama ambulan di tempat tertentu supaya evakuasi bila terjadi kecelakaaan dapat segera kita tangani. Kemudian melalui RRI kita himbau kepada masyarakat bila petugas keamanan akan melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang dicurugai tentunya masyarakat harus proaktif jangan disalah artikan.

“Kami TNI Polri berkomitmen untuk mengawal malam takbiran agar dapat berjalan dengan tertib dan aman, dan masyarakatarakat jangan ada ke khawatiran. Kegiatan malam pawai takbiran kendaraan diadakan lomba gemah takbir dengan peserta dari remaja-remaja Masjid sekota fakfak,” Ungkap Dandim.

Mungkin Anda Menyukai