Rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kab. Kaimana

Kaimana – telah dilaksanakan rapat bersama di ruang rapat kantor Dinas Bapeda kab. Kaimana dengan seluruh instansi terkait dalam rangka membahas Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kab. Kaimana bersama Dinas Bapeda kab. Kaimana TA. 2018-2019, Rabu (31/10/2018).

Koordinasi antara Tim Penyusun KLHS RTRW Kabupaten Kaimana dengan Dinas Pertanahan dan Tata ruang wilayah bahwa Suatu project tidak hanya memiliki dampak positif tetapi juga dampak negatif sehingga diperlukan AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Seperti halnya dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang merupakan wujud formal dari Kebijakan, Rencana, dan Program (KRP) juga harus dilakukan kajian apakah sudah benar dan sesuai. Oleh karena itu, pada proses perumusan KRP perlu dilakukan kegiatan yang berlandaskan kaidah kelestarian lingkungan hidup yaitu KLHS atau Kajian Lingkungan Hidup Strategis. KLHS merupakan rangkaian analisis yang sistematis dan berhubungan, menyeluruh yang mencakup aspek biotik dan biotik, selain itu bersifat partisipatif dan berkelanjutan.

KLHS yang akan dilakukan masih dalam proses PK (Peninjauan Kembali) dan merupakan pencabutan atau bukan revisi sehingga dimulai dari awal, baik kebijakan, struktur ruang, dan pola ruang. Hal ini menyebabkan perlunya pertemuan antara Tim Ahli dengan Tim PK untuk memastikan status KLHS yang masih dalam proses PK (Peninjauan Kembali).

Saran dan Arahan Mengenai KLHS Mencari isu-isu pembangunan yang berkelanjutan di wilayah kab. Kaimana sehingga menjadi dasar pembangunan dan penyusunan kebijakan RTRW, RPJB, RPJM, dan RDTR. Penyusunan KLHS ini operasionalnya dilakukan dengan metode yang berbasis dampak dari suatu project dan metode berfikir secara strategis yang melahirkan project-project yang bersifat partisipatif melibatkan berbagai pihak. Validasi perlu dilakukan pada KLHS, yang dilakukan oleh Bupati untuk KRP pada tingkat kabupaten. Isi kegiatan KLHS nantinya akan banyak digunakan untuk Forum Group Discussion (FGD) yang membahas isu-isu pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Kaimana. Sehingga diharapkan kedepannya RTRW dapat disusun sesuai perkembangan yang terjadi di lapangan .

 

Mungkin Anda Menyukai