Sambut Peringatan HUT ke-75 TNI 2020, Kodam XVIII/Kasuari Gelar Donor Darah

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Bakti sosial (Baksos) berupa donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodam XVIII/Kasuari dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI tahun 2020. Perlu dipahami bersama bahwa Tugas TNI tidak semata-mata melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI, mewujudkan Pertahanan dan Keamanan serta sebagai alat  pemersatu bangsa,   Namun peran TNI juga aktif dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)  melalui berbagai kegiatan bantuan kemanusiaan.

Demikian dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan, pada acara Bakti sosial donor darah dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-75 TNI tahun 2020, Selasa (22/9/2020), di Lapangan Tembak Kodim 1801/BS l, Manokwari, Papua Barat.

Melalui kegiatan ini diharapkan warga masyarakat dapat langsung merasakan manfaatnya, khususnya bagi warga Papua Barat yang membutuhkan darah untuk keperluan pengobatan.

Karena berbuat baik kepada sesama adalah amanah dari Tuhan dan berbuat baik itu tidak dibatasi dalam bentuk materi saja namun juga segala sesuatu yang ada dalam diri, seperti darah misalnya untuk didonorkan, dan tidak berlebihan bila dikatakan kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang sangat mulia.

“Setetes darah yang kita sumbangkan sangatlah berarti bagi masyarakat yang membutuhkannya, bahkan dapat menyelamatkan jiwa manusia,” ujar Pangdam.

“Yakinlah, sekecil apapun nilai kebaikan yang kita berikan kepada sesama  dengan tulus dan ikhlas, juga bentuk pengabdian seperti ini, akan  mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa,” sambungnya.

Dalam kegiatan donor darah yang telah dilaksanakan berhasil dikumpulkan sejumlah 125 kantong darah yang langsung disumbangkan ke PMI Papua Barat.

Baksos donor darah tersebut, ditangani oleh Tim Kesehatan Kodam dan PMI Papua Barat yang dihadiri oleh Kakesdam XVIII/Kasuari, Kafasarkan TNI AL Manokwari, dan personel Makodam XVIII/Kasuari, Yonif 761/KA, Polda Papua Barat, serta partisipasi dari FKPPI dan Hipakad Provinsi Papua Barat.

Kepada petugas Tim Kesehatan Kodam dan PMI, Pangdam XVIII/Kasuari berpesan agar memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pendonor darah.

“Pastikan setiap tetes darah yang disumbangkan dapat bermanfaat bagi warga masyarakat Papua Barat yang membutuhkan,” katanya.

“Saya juga mengharapkan agar kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, akan tetapi harus terus dilanjutkan, ditumbuhkembangkan, dan dibudayakan,” sambung Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *