Satuan BKO Kodim Persiapan 1806/Teluk Bintuni Laksanakan Lomba Baris-Berbaris tingkat SMP/MTs Se-Kota Bintuni

Teluk Bintuni.- Banyak metode yang dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan kepada Tanah Air sejak usia dini, seperti halnya dengan Lomba Baris Berbaris (LBB) tingkat SMP/MTs yang dilaksanakan di Kabupaten Teluk Bintuni oleh Satuan BKO Kodim Persiapan 1806/Teluk Bintuni.

Adapun kegiatan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke – 74. Satgas BKO Kodim Persiapan 1806/Teluk Bintuni dalam menyelenggarakan perlombaan tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Kab. Teluk Bintuni. Kegiatan perlombaan ini sebagai penanggung jawab Kasdim Satuan BKO Kodim Bintuni dan Koordinator Pasiintel Kapten Czi Togap Hutabarat yang diselenggarakan di GOR/Sports Centre Kampung Lama, Kabupaten Teluk Bintuni (10/08/2019).

Perlombaan Baris Berbaris (PBB) ini diikuti oleh 8 Sekolah tingkat SMP/MTs se-Kota Bintuni, di antaranya, SMP Terpadu Bintuni, SMP N 1 Bintuni,  SMP N 2 Bintuni,  SMP YPK Bintuni, SMP Santa Monika Bintuni, SMP Perintis Bintuni, SMP Muhammadyah Bintuni dan MTs Bintuni. Sebelum pelaksanaan lomba baris berbaris ini, para peserta dilatih terlebih dahulu di sekolah masing-masing oleh personel Satuan BKO selama kurang lebih 2 minggu.

Kegiatan perlombaan ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kasdim Satuan BKO Kodim Persiapan 1806/Teluk Bintuni Mayor Inf Rayner R. D. Wajong sebagai Inspektur upacara dan membuka acara lomba, sedangkan Komandan Upacara Lettu Septyan Dwi Nuriadi, serta diikuti oleh seluruh anggota Satuan BKO Kodim Persiapan 1806/Teluk Bintuni, Pos AL, siswa-siswi peserta lomba, kepala sekolah, guru-guru dan para undangan serta diramaikan oleh orang tua siswa-siswi dan warga sekitar yang ikut menonton.

Kasdim Satuan BKO Kodim Persiapan 1806/Teluk Bintuni menyampaikan dalam amanatnya kepada seluruh peserta Lomba Baris-Berbaris (LBB) agar “Terus semangat dan pantang menyerah dalam mengikuti Lomba Baris-Berbaris ini serta junjung tinggi sportivitas. Tujuan kegiatan ini adalah membentuk karakter, menumbuhkan dan meningkatkan disiplin dan rasa nasionalisme para siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa. Menang atau kalah merupakan hal yang biasa tetapi kita harus melihat bagaimana proses para peserta dalam mencapai hasil diperoleh pada saat perlombaan. Apabila tidak menang atau juara, yakini lah bahwa itu adalah kesuksesan yang tertunda. Kita juga harus berjiwa besar dalam menerima apapun hasil lomba. Dalam perlombaan juga perhatikan faktor keamanan. Juga disampaikan kepada penyelenggara ataupun tim juri agar melaksanakan kegiatan ini dengan baik perhatikan faktor keamanan dan laksanakan penilaian secara jujur dan adil.

Atas nama seluruh anggota Satuan BKO Kodim Persiapan 1806/Teluk Bintuni mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang sudah mendukung baik moril maupun materil demi terlaksananya kegiatan ini, ujar Kasdim.

Acara lomba ini ditutup oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni, dalam sambutan singkatnya mengatakan,  sangat terharu dan bangga kepada anak anak siswa-siswi sebagai penerus bangsa dapat berkarya dengan berlatih baris-berbaris. Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan kepada anggota Satuan BKO yang menyelenggarakan acara lomba ini. Kegiatan lomba ini sangat bermanfaat namun jarang diadakan di Kab.Teluk Bintuni, sehingga dengan harapan semoga kedepan dapat dilanjutkan lagi dalam upaya membangun karakter generasi bangsa khususnya di Kab. Teluk Bintuni.

 

Mungkin Anda Menyukai