Setjen Wantannas Akan Selenggarakan Sarasehan Nasional Dengan Para Tokoh Perdamaian Maluku Dan Maluku Utara

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional berencana mengadakan Sarasehan Nasional dengan para tokohdaridaerah Maluku yang pernah terlibat dalam konflik dan upaya perdamaian disana. Acara akan digelar di Hotel JS Luwansa Jl. H. R. Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan pada Selasa dan Rabu, 10-11 Juli 2018, dibuka oleh MenteriKoordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Jenderal TNI (Purn) Wirantodanmenghadirkanpembicara utama, Wakil Presden RepublikIndonesia H Jusuf Kalla, dimana beliau pernah berperan sebagaipenggagasPerjanjianMalino, Senin (09/07/2018).

Acara Sarasehan Nasionalini akan mengemukakan pokok-pokok persoalan tentang konflik dan damai, khususnya pendekatan-pendekatan dalam Resolusi Konflik dan Damai di Maluku dan Maluku Utara, dengantujuanuntuk menjadi pembelajaran bagi propinsi lain di Indonesia, bahkan di dunia internasional.Sarasehan Nasional inimembawa ”tagline” MerawatPerdamaian, BelajardariresolusiKonflikdanDamai di Maluku dan Maluku Utara, Untuk Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, AdildanMakmur.
Acarainiakandiisidengandiskusi terbuka dalam beberapa panel/sesi diskusi, yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan di Kepulauan Maluku, khususnya para pihak yang pernah terlibat dalam konflik sekaligus menjadi tokoh-tokoh perajut perdamaian, tokoh-tokoh nasional, serta undangan lain dari seluruh Indonesia dan juga negara sahabat.
Adapun sub-sub tema sarasehan yakni ; Belajar dari Sejarah dan Kearifan Lokal Masyarakat Maluku sebagai Wujud Implementasi Bela Negara, Resolusi Konflik dan Damai berlatar golongan dan agama, separatisme, Pendekatan Pembangunan ManusiadenganKesejahteraan dan Kebudayaan dalam Resolusi Konflik dan Damai,serta Peran perguruan tinggi yang memegang peran yang sangat penting.

Mungkin Anda Menyukai