TNI Bantu Petani Tanam Padi Jajar Legowo

Manokwari – Petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan “Jajar Legowo” dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

Hal tersebut yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Oransbari Koramil 1703-06/Ransiki an. Sertu Paiman dalam membantu Petani menanam  padi sawah dengan sistem Jajar Legowo bertempat di Kampung Margorukun Dist. Oransbari Kab. Manokwari Selatan Prov. Papua Barat, Minggu (27/08/2017).

Pada program ketahanan pangan di Oransbari, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan.Tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola “Jajar Legowo”, tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.

“Kehadiran seorang babinsa harus bisa dirasakan oleh lingkungan sekitar warga binaannya sehingga keberadaannya selalu dinantikan setiap warga yang ada disekitarnya, keakraban antara babinsa lebih terasa dengan terlihatnya canda dan tawa dicelah-celah kerja menanam padi meskipun terik matahari kian menyengat, akhirnya pekerjaan yang berat terasa ringan dengan adanya bekerja bersama-sama,“ Ujar Babinsa Sertu Paiman.

Posting Terkait


scholl php shell online